Kaisar Jepang diterima Sultan HB X di Keraton Yogyakarta

id kaisar Jepang,Naruhito,Keraton Yogyakarta

Kaisar Jepang diterima Sultan HB X di Keraton Yogyakarta

Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HBX (kedua kiri) bersama istrinya GKR Hemas (kiri) menyambut Kaisar Jepang Naruhito (kedua kanan) di Regol Danaprtapa, Keraton Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Sri Sultan HBX menerima kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang Naruhito yang merupakan kunjungan pertama ke Keraton Yogyakarta sejak naik takhta pada 2019 lalu. ANTARA FOTO/POOL/Andreas Fitri Atmoko/YU.

Yogyakarta (ANTARA) - Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu.

Saat memasuki Kompleks Pelataran Srimanganti,  Kaisar Naruhito disambut puluhan Prajurit Bregada Wirabraja yang memakai seragam keprajuritan lengkap disertai senjata, bendera, dan alat musik berbaris memanjang dari utara ke selatan area itu.

Dengan mengenakan busana takwa dilengkapi kuluk kanigara dengan jarik parang gurda, Sri Sultan HB X bersama Permaisuri GKR Hemas menyapa Kaisar Ke-126 Jepang itu di Regol Danapratapa.

"Tentunya ini menjalin silaturahim terus ya dari orang tuanya (Kaisar Jepang) hingga ke generasi berikutnya sehingga hubungan semakin baik ke depan," kata Putri Sulung Sultan HB X, GKR Mangkubumi.

Lawatan Kaisar Jepang ini merupakan yang pertama dilakukan sejak dinobatkan pada 1 Mei 2019.

Menurut dia, ayahanda Kaisar Naruhito, Kaisar Akihito pernah menyambangi Keraton Yogyakarta pada 1991.

Setelah penyambutan, Sultan HB X dan GKR Hemas kemudian mengajak Naruhito menyaksikan benda koleksi milik keraton di sisi utara Tratag Kagungan Dalem Bangsal Kencana.

Sejumlah koleksi Keraton Yogyakarta yang dipamerkan kepada Naruhito, antara lain batik motif parangrusak barong, batik motif kawung, batik motif purbanegara, batik motif sidaluhur, pusaka keris, dan manuskrip.

"Beliau senang sekali karena ini melanjutkan kunjungan dari orang tuanya yang sebelumnya pernah ke sini," ujar Mangkubumi yang juga Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Datu Dana Suyasa Keraton Yogyakarta ini.

Kaisar Jepang juga disuguhi pertunjukan wayang kulit persembahan Kawedanan Kridhamardawa serta Tari Beksan Lawung Jajar di Tratag Bangsal Kencana.

"Beksan ciptaan Sri Sultan Hamengku Buwono I ini adalah salah satu tarian tertua yang dimiliki Keraton Yogyakarta," ujar Penghageng Kawedanan Kridhamardawa KPH Notonegoro.

Sebelum mengakhiri kunjungan di Keraton Ngayogyakarta, Kaisar Jepang bersantap malam di Bangsal Manis bersama dengan Sri Sultan HB X dan keluarga.

Sejumlah menu yang disajikan, antara lain, setup jambu, sup ayam galantin, satai ayam jeruk nipis, udang bakar madu, dan es teler cake.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sultan HB X terima kunjungan Kaisar Jepang di Keraton Yogyakarta