Sebanyak 200 bonsai dipamerkan pada Harmoni Bonsai PPBI Metro

id Pameranbonsai

Sebanyak 200 bonsai dipamerkan pada Harmoni Bonsai PPBI Metro

Pengunjung melihat tanaman bonsai di pameran tanaman tersebut yang dilaksanakan PPBI Metro. (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Sebanyak 200 tanaman bonsai dari berbagai jenis ikut meramaikan Harmoni Bonsai Bumi Sai Wawai yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) cabang Metro.

Pameran bonsai yang dilaksanakan di Rumah Asisten Wedana, Metro Pusat, Sabtu (10/6) ini dibuka oleh Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin.

Dalam kesempatan tersebut, Wahdi mendorong agar PPBI Kota Metro untuk menghiasi Bumi Sai Wawai dengan tanaman bonsai untuk memperindah tampilan kota.

"Inikan apabila kita letakkan di ruang publik juga akan memperindah tampilan kota kita. Kalau perlu Metro juga menjadi rujukan bonsai karena penataan dan pelestariannya," kata dia.

Menurutnya, tanaman bonsai ini dapat diibaratkan sebagai struktur pemerintahan. Dimana harus ditata dan dikelola dengan baik agar dapat mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Kalau bonsai ini kan kita struktur, kita rawat agar indah dipandang begitupun dengan pemerintahan itu kita kelola sedemikian rupa untuk melayani masyarakat," terangnya.

Ketua PPBI Cabang Metro, Yuzar Ansyori Yusuf menjelaskan, pameran bonsai ini dilakukan dalam rangka meramaikan Hari Jadi ke-86 Kota Metro.

Ia juga mengaku siap untuk menghiasi ruang publik di Bumi Sai Wawai dengan tanaman bonsai.

"Tapi itu kan perlu perencanaan lagi, jangan sampai kita tanam tapi tidak dipelihara," jelasnya.

Dikatakannya, PPBI Metro optimis akan mengenalkan bonsai ke ranah publik, itu sesuai dengan visi yang ingin menjadikan Metro menjadi lumbung bonsai masa depan.

"Nanti kita akan buat event-event untuk mengenalkan kembali bonsai hingga kancah nasional," ucapnya.

Terpisah Ketua Pelaksana, Harmoni Bonsai PPBI Metro, Endi Rubianto mengatakan sedikitnya terdapat 200 pohon bonsai yang dipamerkan pada kegiatan ini.

Menurutnya, pada event ini PPBI Metro juga mengundang para pecinta dari luar Metro untuk ikut memamerkan bonsai kesayangannya.

"Ini total ada 200, kita undang dari Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Selatan untuk memamerkan bonsainya masing-masing membawa 10 pohon bonsai," tandasnya.