Kalsel terima lima penghargaan BKKBN dalam program Sejuta Akseptor

id Pemprov Kalsel,Penghargaan

Kalsel terima lima penghargaan BKKBN dalam program Sejuta Akseptor

Pemprov Kalsel menerima lima penghargaan dari BKKBN (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kalsel.)

Kalsel berhasil meraih lima penghargaan, dua di antaranya tingkat provinsi dan tiga kabupaten, katanya
Banjarbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menerima lima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam pelaksanaan program Sejuta Akseptor.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar di Banjarbaru, Senin, mengatakan program tersebut juga diselenggarakan dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-28.

"Kalsel berhasil meraih lima penghargaan, dua di antaranya tingkat provinsi dan tiga kabupaten," katanya.

Khusus tingkat provinsi berhasil meraih juara 2 kategori Capaian KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dengan target MKJP < 1.500 akseptor, sedangkan kuara 3 kategori total capaian pelayanan KB tingkat provinsi dengan target total 10 ribu hingga 60 ribu akseptor.

Untuk tingkat kabupaten, yaitu Kabupaten Balangan berhasil meraih juara 1 kategori total capaian pelayanan KB tingkat kabupaten/kota dengan target total 500-1.500 akseptor.

Kabupaten Barito Kuala berhasil meraih juara tiga kategori total capaian pelayanan KB tingkat kabupaten/kota dengan target total < 1.500 akseptor dan juara tiga capaian KB MKJP dengan target MKJP < 150 akseptor.

Penyerahan penghargaan secara virtual dirangkai dengan kegiatan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Bersama Mitra Kerja Tahun 2021 tersebut, juga dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Ramlan dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah di lingkunan Pemprov Kalsel.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama semua pihak dalam upaya menyukseskan program Keluarga Berencana, khususnya pelaksanaan pelayanan KB serentak sejuta akseptor.

"BKKBN tidak dapat bekerja sendiri, dukungan dari pemerintah daerah dan mitra kerja sangat dibutuhkan," katanya.

Ia mengatakan program KB harus mendapatkan perhatian khusus dalam rangka pembangunan nasional, termasuk dalam menyukseskan penanganan bonus demografi.

Kegiatan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Bersama Mitra Kerja Tahun 2021 mengangkat tema "Melalui Kegiatan Momentum Kita Optimalkan Peran Mitra Kerja dalam Mendukung Program Bangga Kencana Dalam Meningkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi".