Penjualan mobil di AS diperkirakan membaik bulan ini

id ford,gm,tesla

Penjualan mobil di AS diperkirakan  membaik bulan ini

Pabrik mobil Ford di Amerika Utara. (ANTARA/Ford)

Jakarta (ANTARA) - Penjualan mobil di Amerika Serikat diperkirakan akan berangsur pulih pada Juni ini, menyusul krisis yang terjadi pada April, karena adanya peraturan dan pembatasan kegiatan guna mencegah penyebaran virus corona.

Menurut konsultan industri J.D. Power dan LMC Automotive, sebagaimana dilaporkan Reuters, Sabtu, optimisme ini muncul karena peraturan tersebut telah sedikit demi sedikit mereda dan pembeli perlahan-lahan kembali ke pasar.

Konsultan tersebut memperkirakan total penjualan kendaraan Amerika Serikat turun sekitar 25 persen menjadi sekitar 1,09 juta unit pada bulan Juni. Ini merupakan penurunan yang lebih dari 40 persen pada bulan April dan penurunan 29 persen pada bulan Mei.

"Industri terus menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada bulan Juni," kata konsultan dalam sebuah pernyataan.

“Kombinasi dari permintaan yang terpendam, menyatakan pembatasan yang mereda terkait virus corona dan peningkatan insentif semuanya memberikan angin segar bagi industri,” katanya melanjutkan.

Rekor level insentif oleh pembuat mobil mendukung pemulihan penjualan, dengan pengeluaran insentif pada kecepatan mencapai 4.411 dolar AS, tertinggi yang pernah ada untuk Juni dan peningkatan 445 dolar AS dari tahun sebelumnya, J.D. Power dan LMC Automotive mengatakan.