Begini tips belanja makanan yang efektif saat pandemi Corona

id belanja saat corona,pola makan sehat,belanja corona

Begini tips belanja makanan yang efektif saat pandemi Corona

Ilustrasi (Pixabay)

Sebelum Anda pergi untuk membeli, pastikan stok apa yang sudah Anda miliki
Jakarta (ANTARA) - Di tengah pandemi Corona, ada anjuran menjaga jarak sosial dan isolasi diri yang berarti Anda tak bisa sering ke toko bahan makanan atau swalayan. Ini artinya, Anda perlu merencanakan menu makanan Anda.

"Sebelum Anda pergi untuk membeli, pastikan stok apa yang sudah Anda miliki. Ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan makanan yang sebelumnya Anda punya," tutur Ahli nutrisi dari University of Alberta di Kanada, Sabina Valentine seperti dilansir Medical Daily.

Sebaiknya, tuliskan makanan yang Anda santap selama satu hingga empat hari ke depan atau Anda bisa membuat daftar rencana menu makanan seminggu, menurut "Bikin weekly meal plan," kata dia dalam sesi Kelas.mu Belajar Live, Jumat.
Baca juga: Dampak Corona, FAO sebut "panic buying", karantina wilayah bisa picu inflasi pangan

Caranya, Anda perlu memikirkan bahan makanan yang ingin Anda beli untuk keperluan makan dalam seminggu. Setelah itu, barulah tentukan menu makanan Anda.

"Orang cenderung mikir masak apa, yang lebih efisien belanja (bahan makanan)," tutur Aldis.

Contohnya bisa Anda lihat dari gambar di bawah ini:
Contoh daftar menu makanan untuk seminggu (ANTARA/Slide presentasi pakar nutrisi dari Nutrifood, Moch. Aldis Ruslialdi )


Pola makan sehat saat corona

Belum terlambat mengubah pola makan tak sehat Anda saat ini. Ahli nutrisi dari University of Alberta di Kanada, Sabina Valentine punya tips untuk Anda mengenai ini.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan, menyediakan camilan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, bisa dalam bentuk segar atau dibekukan jika Anda tak ingin langsung mengonsumsinya.
Baca juga: Gubernur Anies batasi penjualan toko retail cegah kepanikan membeli


Buah-buahan dan sayur-sayuran penting untuk fungsi kekebalan tubuh antara lain karena mengandung vitamin A dan C. Valentine merekomendasikan Anda memilih buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni jika Anda bisa.

Meskipun ada suplemen peningkat imun tubuh, cara terbaik menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap dan mencegah virus menyerang Anda adalah dengan mengikuti diet sehat dan seimbang.

"Diet yang dipenuhi (asupan) protein, serat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang cukup. Jika Anda memilikinya, Anda tidak perlu suplemen apa pun yang dipasarkan di sekitar coronavirus," kata Valentine.

Kemudian, saat berbelanja, sebaiknya pilih makanan yang lebih menyehatkan.

"Daripada keripik kentang, belilah popcorn. Ini pilihan yang lebih baik jika Anda ingin camilan," kata Valentine.

Hal lainnya, waspadai pilihan makanan Anda. Valentine menyarankan Anda menuliskan makanan yang Anda santap selama satu hingga empat hari.


 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar