BPBD Jakarta siarkan peringatan dini menyusul Katulampa siaga III

id bendung katulampa,tma katulampa,peringatan dini jakarta,cuaca jakarta

BPBD Jakarta siarkan peringatan dini menyusul Katulampa siaga III

Kondisi Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor, Jawa Barat mengalami peningkatan akibat hujan yang turun sejak Jumat malam (7/2/2020) (ANTARA/HO-Komunitas Peduli Ciliwung Bogor)

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada Kamis pagi menyiarkan peringatan dini bencana banjir kepada warga bantaran sungai menyusul naiknya tinggi muka air di Bendung Katulampa yang sudah mencapai 110 cm atau status Siaga III.

Diketahui pula cuaca di Bendung Katulampa saat ini gerimis sehingga besar kemungkinan tinggi muka air akan bertambah naik dan menimbulkan ancaman banjir bagi warga bantaran sungai di Jakarta.

"Pada pukul 5.00 WIB ketinggian Bendung Katulampa 110 cm, gerimis, dalam status Siaga III. Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," demikian tutur petugas yang menyampaikan imbauan dalam video yang dicuitkan akun twitter resmi BPBD DKI Jakarta, @bpbdjakarta.
BPBD juga mencatat cuaca hujan dan gerimis melanda hampir seluruh wilayah di Jakarta sejak Rabu (19/2) menjelang tengah malam hingga Kamis dini hari.

Sementara itu catatan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mencatat tinggi muka air di Pasar Ikan dan Pantai Ancol Marina juga telah memasuki status Siaga III pada informasi mutakhir pukul 5.00 WIB.

Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Jakarta bakal cenderung berawan sepanjang siang hari Kamis dengan potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada malam menuju dini hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.


 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar