Gubernur Sulut sebut Festival Bunga Tomohon menggerakkan ekonomi lokal

id TIFF

Gubernur Sulut sebut Festival Bunga Tomohon menggerakkan ekonomi lokal

Para pejabat menghadiri dan foto bersama pelaksanaan TIFF 2019 (1)

Tomohon (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan festival bunga internasional Tomohon atau Tomohon International Flower Festival (TIFF) mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat.

"Kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan festival bunga internasional tahun 2019 ini," kata Gubernur Olly pada percakapan jarak jauh pelaksanaan TIFF 2019 di Tomohon, Sulawesi Utara, Kamis.

Menurut Gubernur, festival bunga yang telah menjadi kalender tetap Kementerian Pariwisata RI ini berdampak pada Kota Tomohon dan Provinsi Sulut semakin terkenal dan mendunia.

"Dampak lainnya, TIFF mampu menggerakkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Pelaksanaan TIFF selain dimeriahkan dengan karnaval kendaraan hias juga dimeriahkan dengan tarian dan nyanyian "mazani". Tarian tradisional ini mampu memecahkan rekor MURI yang mengikutsertakan sebanyak 1.530 guru.

Usai karnaval, malam harinya Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman menjamu para duta besar dan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Anugerah Hill diiringi pemasangan kembang api.

TIFF tahun ini dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, para duta besar negara sahabat, Dubes RI untuk Filipina SH Sarundajang, Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen, Walikota Tomohon Jimmy F Eman, Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan serta para bupati, wakil bupati, para wali kota.

Sementara juri dalam karnaval kendaraan hias tersebut yaitu Karen Tambajong sebagai pemerhati dan penasehat asosiasi bunga nasional.