Mahasiswa UBL wakili Lampung pemilihan duta bahasa

id yakub duta bahasa lampung, mahasiswa ubl

Mahasiswa UBL wakili Lampung pemilihan duta bahasa

Yakub Ronaldie, mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bandarlampung (UBL) berhasil menjadi juara pertama dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2018 dan akan mewakili Lampung pada pemilihan duta bahasa nasional tahun 2018 ini. (Foto: Humas UBL)

Kegiatan ini memiliki beberapa tahap, yaitu membuat esai kebahasaan 500-600 kata, lalu tes uji kemahiran Bahasa Indonesia, tes wawancara, psikotes dan sampai pada malam grand final, ujar Yakub
Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Yakub Ronaldie, mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bandarlampung (UBL) berhasil menjadi juara pertama dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung 2018 dan akan mewakili Lampung pada pemilihan duta bahasa nasional tahun 2018 ini.

Menurut Yakub, di Bandarlampung, Minggu, kegiatan yang ia ikuti ini berlangsung sejak tanggal 13 April 2018 dan memiliki beberapa tahap hingga Mei 2018 ini.

"Kegiatan ini memiliki beberapa tahap, yaitu membuat esai kebahasaan 500-600 kata, lalu tes uji kemahiran Bahasa Indonesia, tes wawancara, psikotes dan sampai pada malam grand final," ujar Yakub. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Lampung, dan diikuti oleh 24 peserta se-Provinsi Lampung.

Yakub mengatakan saat ini ia tengah mempersiapkan diri untuk perlombaan tingkat nasional. "Saat ini saya tengah mempersiapkan diri untuk pemilihan duta bahasa tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada 15 hingga 20 Agustus mendatang, masih banyak yang harus saya persiapkan seperti menambah pengetahuan umum, persiapan mental dan yang pasti kebahasaan," kata Yakub.

Yakub juga berharap dengan adanya perlombaan dan pemilihan duta bahasa ini masyarakat Indonesia dapat lebih menghargai bahasa Indonesia.

"Harapan ke depan masyarakat Indonesia khususnya Lampung dapat menghargai bahasa Indonesia, harus bisa menempatkan dimana ia sedang berbicara dan harus tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing," kata Yakub lagi.

Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL Dra Yulfriwini MT sangat mengapresiasi pencapaian salah satu mahasiswanya tersebut.

Baginya hal ini menandakan mahasiswa UBL mampu mengoptimalkan dirinya untuk terus berkiprah dan berprestasi di berbagai bidang.

"UBL terus memberikan motivasi dan pembinaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan prestasi berdasarkan minat dan bakat masing masing. Mudah-mudahan Yakub bisa mengoptimalkan persiapannya nanti untuk mewakili Lampung dalam pemilihan duta bahasa tingkat nasional dan memberikan yang terbaik untuk kampus UBL dan Provinsi Lampung," kata Yulfriwini.