Mensos Ajak Perkokoh Persatuan Bangun Negeri

id menteri sosial, khofifah indar parawansa, sayangkan anak salah jawab ikan dibully

 Mensos Ajak Perkokoh Persatuan Bangun Negeri

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

...Jangan memberi peluang bagi siapapun yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara apapun, Ujar Khofifah...
Jakarta  (ANTARA LAMPUNG) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada peringatan Hari Pahlawan mengajak seluruh elemen bangsa untuk memperkokoh semangat persatuan, kesatuan dan persaudaraan untuk membangun negeri.

"Jangan memberi ruang bagi mereka yang tidak suka melihat kondisi Indonesia yang guyub, aman, tenteram dan damai. Jangan memberi peluang bagi siapapun yang berusaha memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dengan cara apapun, apalagi yang berusaha membenturkan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya dengan berita 'hoax' dan sebagainya," ungkap Khofifah dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, peringatan Hari Pahlawan 10 November harus menjadi momentum bagi seluruh anak bangsa untuk kembali bersatu padu mengatasi segala permasalahan bangsa yang kita hadapi.

Saat ini, kata dia, komitmen bangsa akan pentingnya persatuan, toleransi dan keberagaman tengah diuji.

Khofifah mengatakan, persatuan dan kesatuan bangsa adalah janji kemerdekaan yang harus ditunaikan. Janji mewujudkan sebuah republik yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Janji tersebut, hanya bisa terlaksana apabila seluruh elemen bangsa bersatu.

Tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini, kata Khofifah, jauh lebih kompleks dan multisektor. Tidak hanya di sektor ekonomi, namun juga sosial, politik, budaya, energi, dan lain sebagainya.

Selayaknya tantangan tersebut dijawab dengan kesiapan sumber daya manusia Indonesia yang mumpuni dan berdaya saing.

Khofifah mengatakan, dalam konteks kekinian menjadi pahlawan bukan lagi dalam arti berperang dan melawan penjajah tapi dalam arti ikut mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, masalah sosial dan lainnya.

Untuk itu, semangat dan nilai-nilai kepahlawanan harus bisa diimplementasikan dan didayagunakan untuk hal tersebut. Dengan kata lain, menurut Khofifah pahlawan kekinian adalah mereka yang konsisten memperjuangkan dan berkorban untuk suatu perubahan ke arah yang positif.