Wakil Bupati Waykanan buka "Trail Adventure" dan "Offroad"

id offroad waykanan, edward antony, wakil bupati waykanan, hut waykanan

Wakil Bupati Waykanan buka "Trail Adventure" dan "Offroad"

Wakil Bupati Waykanan Edward Antony mengangkat bendera melepas peserta trail adventure menyambut HUT ke-17 Kabupaten Waykanan, Sabtu (23/4) (Foto Antaralampung.com/Emir)

...Para peserta dapat mempromosikan kepada keluarga, sahabat dan teman bahwa di Waykanan banyak sekali potensi wisata yang belum diketahui masyarakat," jelasnya...

Waykanan, Lampung (ANTARA Lampung)
- Wakil Bupati Waykanan, Lampung, Edward Antony, membuka "trail adventure" dan "offroad" di Lapangan Manunggal Kodim 0427 Waykanan.

Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (23/4) tersebut merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Festival Radin Jambat XI sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun ke-17 Kabupaten Waykanan.

Trail adventure diikuti oleh 579 peserta sementara 79 mobil mengikuti kegiatan offroad.

Wakil Bupati menyatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat memperkenalkan destinasi wisata Waykanan kepada para peserta serta masyarakat. "Kabupaten Waykanan banyak memiliki keindahan yang terpendam selama ini," katanya.

Acara ini, kata Edward, bukan mencari juara atau yang tercepat, tetapi peserta dapat menginformasikan kepada masyarakat luar bahwa Waykanan mempunyai destinasi wisata yang cukup banyak.

Melalui kegiatan ini, para peserta dapat menikmati dan merasakan kesejukan serta keindahan Kabupaten Waykanan, sehingga dapat membawa kesan dan kenangan indah serta keinginan untuk kembali berkunjung ke kabupaten ini.

Menurut dia, Kabupaten Waykanan memiliki banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan dan diperkenalkan kepada publik, seperti pemandian Air Panas Putri Malu, wisata Kampung Tua, Air Terjun Curup Gangsa, dan masih banyak lainnya.

"Para peserta dapat mempromosikan kepada keluarga, sahabat dan teman bahwa di Waykanan banyak sekali potensi wisata yang belum diketahui masyarakat," jelasnya.

Ia  mengharapkan kegiatan ini dapat dilangsungkan setiap tahun, selain jumlah peserta yang cukup banyak, ini juga dapat memberikan pemasukan kepada pemerintah daerah.

Sementara itu, Komandan Kodim 0427 Wykanan, Letkol Inf Edy Prayitno mengatakan,  trail adventure off road ini diikuti peserta yang berasal dari sejumlah daerah seperti Sumatra Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jambi dan lainnya.

"Jumlah ini masih sedikit, bila pendaftaran dibuka satu atau dua bulan sebelumnya, dipastikan dari Kalimantan juga ikut hadir memeriahkan acara Festival Radin Jambat dan HUT ke-17 Kabupaten Waykanan," ujarnya.
   
Ia menjelaskan, trail adventure dan offroad ini merupakan olahraga yang memacu adrenalin setiap peserta, karena rute yang sudah ditentukan oleh panita ini melalui jalan lintas Sumatra, kampung atau pemukiman warga, sungai, jalan desa, jembatan dan tebing yang curam.

"Dibutuhkan keahlian khusus untuk mengendarai kendaraan offroad dan trail tersebut," ujar Dandim.

Menurutnya, yang dibutuhkan keseimbangan, konsentrasi dan keahlian khusus untuk mengendarai motor trail dan mobil offroad, karena bila tidak, bisa dapat membahayakan diri pengendara.

Mantan Kasi Pers Korem 043 Garuda Hitam itu mendukung seluruh organisasi dan olahraga yang ada di Kabupaten Waykanan selain bisa menyalurkan hobi, kegiatan ini juga dapat menyehatkan tubuh.(Ant)