TNI Kerahkan panser dan helikopter amankan KTT

id helikopter super puma, amankan ktt oki

TNI Kerahkan panser dan helikopter amankan KTT

Anggota TNI mempersiapkan helikopter yang digunakan untuk pengamanan KTT LB OKI, termasuk penyelamatan tamu VVIP bila terjadi keadaan darurat. KTT LB OKI akan berlangsung di Jakata, 6 hingga 7 Maret 2016. (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

...Pengamanan melekat terhadap delegasi dilakukan oleh Pasmpampres. Selain itu, pemantauan keamanan wilayah dilakukan secara terus-menerus melalui Satgas Koopspamwil di wilayahnya masing-masing," kata Kolonel Czi Berlin G...
Jakarta (ANTARA Lampung) - TNI mengerahkan panser dan helikopter Super Puma serta kendaraan taktis lainnnya untuk mengamankan jalannya pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tahun 2016, yang mulai dibuka pada Minggu ini, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta.

"Pengamanan melekat terhadap delegasi dilakukan oleh Pasmpampres. Selain itu, pemantauan keamanan wilayah dilakukan secara terus-menerus melalui Satgas Koopspamwil (Komando Operasi Pengamanan Wilayah) di wilayahnya masing-masing," kata Komandan Satgas Penerangan (Dansatgaspen) KTT OKI ke-5 tahun 2016 Kolonel Czi Berlin G, di Jakarta, Minggu.

Pengamanan di sejumlah tempat pun diperketat menjelang pembukaan KTT Luar Biasa OKI ke-5 tahun 2016, terlihat aparat keamanan berjaga hampir di setiap sudut, termasuk di kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

Menurut Kolonel Berlin, aparat yang dikerahkan adalah TNI dan Polisi termasuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) juga diturunkan untuk menjaga keamanan KTT OKI.

"Penjagaan ketat sudah dimulai sejak masuk pintu GBK. Terlihat aparat gabungan dari TNI dan Polisi bersenjata lengkap berjaga dari titik tersebut, bahkan ada pula yang berkeliling," kata Dansatgaspen.

Kolonel Czi Berlin mengatakan, jika ada indikasi yang mengarah ancaman, maka setiap komandan komplek penginapan VVIP diminta cepat tanggap dan segera berkoordinasi dengan Paspampres.

Sementara itu, Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) I di bawah koordinasi Kodam Jaya telah menyiapkan 3.600 personel untuk kesuksesan acara ini.

Selain melaksanakan Pengamanan di JCC Komplek, Pasukan Koopspam VVIP TNI dan Polri juga mengamankan tempat delegasi menginap, tutur Dansatgaspen.

Sementara itu, hari pertama Sidang KTT OKI Tingkat Menteri atau SOM (Senior Officials' Meeting) membahas agenda utama persoalan Palestina yang dipimpin langsung oleh Menlu Retno L.P Marsudi. (Ant)