Pemkot Metro Gandeng Komunitas Cangkir Kelola Taman

id Komunitas Cangkir Hijau Kamisan, Taman Pendidikan Kota Metro

Metro, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Kota Metro, Provinsi Lampung, menggandeng Komunitas Cangkir Hijau Kamisan untuk melakukan kerja sama pengelolaan Taman Ki Hajar Dewantara di kawasan Iring Mulyo Metro Timur.

Pegiat Komunitas Cangkir Hijau Kamisan Oki Hajiansyah Wahab di Metro, Minggu (7/6), menjelaskan bahwa kerja sama itu dimaksudkan untuk memanfaatkan keberadaan taman yang cenderung kurang terurus agar dapat bermanfaat bagi masyarakat sekaligus memperindah dan merawat lingkungan yang apik dan lestari di Kota Metro.

Kesepakatan kerja sama Pemkot Metro dengan Komunitas Cangkir Hijau Kamisan itu dilakukan pada momentum puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2015 di Kota Metro, Jumat (5/5) malam.

Kesepakatan nota kesepahaman ini ditujukan untuk melakukan kerja sama pengelolaan Taman Ki Hajar Dewantara atau yang lebih dikenal dengan Taman Pendidikan di Iring Mulyo Metro Timur.

Wali Kota Metro Lukman Hakim mengatakan bahwa kolaborasi ini adalah jawaban atas kritik yang ditujukan kepada Pemkot Metro terkait terbengkalainya Taman Pendidikan itu.

"Kami menyadari bahwa pemerintah tidak dapat mengerjakan segala sesuatu sendiri, peran warga maupun komunitas menjadi amat penting," katanya pula.

Dharma Setyawan mewakili Komunitas Cangkir Hijau menyambut baik ide kolaborasi pengelolaan Taman Pendidikan tersebut.

"Sudah bukan saatnya mengelola kota ini sendirian, tapi bersama-sama, kita bisa belajar dari pengalaman keberhasilan di Bandung," ujar dosen STAIN Metro itu pula.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Metro Yerri Noer Kartiko menyambut baik penandatanganan kerja sama itu.

"Pemerintah memiliki berbagai keterbatasan, tentu inisiatif semacam ini menjadi inspirasi baru," ujarnya lagi.

Penandatanganan kesepakatan kerja sama Pemkot Metro dengan Komunitas Cangkir Hijau Kamisan itu dilakukan dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup 2015 yang digelar di halaman TK Pertiwi Kota Metro.

Turut hadir dan menyaksikan penandatanganan MoU ini anggota DPD RI asal Lampung Anang Prihantoro, pimpinan dinas terkait di Pemkot Metro, para akademisi dari berbagai kampus, dan ratusan anak muda dari berbagai komunitas yang ada di Kota Metro.

Dinas Tata Kota dan Kebersihan selaku satuan kerja terkait menyatakan akan berkoordinasi dengan Komunitas Cangkir Hijau Kamisan untuk memperinci bentuk-bentuk kerja sama yang akan diujicobakan dalam jangka waktu dua tahun ke depan.

"Segera kami agendakan pembicaraan teknis menyangkut kerja sama ini," ujar Kepala Dinas Tata Kota dan Kebersihan Kota Metro Purwanto.