Komunitas di Metro Lawan Politik Uang Lewat Buku

id Komunitas Cangkir Hijau Kamisan, Buku Lawan Politik Uang, Politik Uang

Metro, Lampung (ANTARA Lampung) - Komunitas Cangkir Kamisan di Kota Metro, Provinsi Lampung terus melakukan berbagai upaya untuk mencerdaskan para pemilih dan melawan praktik politik uang dengan menerbitkan buku.

Tak hanya bekerja sama memproduksi film dokumenter, membuat t-shirt dan lagu bertemakan lawan politik uang, Komunitas Cangkir Kamisan juga menggandeng berbagai kalangan dalam gerakan sedekah tulisan untuk penerbitan buku bertajuk "Gotong-Royong Melawan Politik Uang", kata pegiat Cangkir Kamisan, Rahmatul Ummah, di Metro, Minggu (20/9).

Pihaknya kini menggandeng berbagai kalangan dalam gerakan sedekah tulisan yang akan diterbitkan menjadi buku.

"Buku tersebut nantinya sama seperti film NPWP, akan didiskusikan keliling ke berbagai tempat, harapannya para pemilih mendapatkan informasi dan pengetahuan politik yang baru," ujarnya.

Rahmat mengajak berbagai kalangan dalam penerbitan buku itu, mulai dari akademisi dari berbagai kampus, jurnalis, penyelenggara pemilu dan warga setempat.

"Saat ini sudah 20 orang yang mengkonfirmasi dan mulai mengirimkan tulisan-tulisannya, Insya Allah pada akhir Oktober ini, buku itu akan diluncurkan," katanya lagi.

Akademisi dari berbagai kampus, mulai dari Universitas Lampung (Unila), Universitas Muhammadiyah Metro, STAIN Metro, IAIN Raden Intan Lampung, dan beberapa kampus di luar Lampung hingga luar negeri terlibat dalam penulisan buku ini.

"Kami terpanggil dengan gagasan ini dan kami mendukung ikhtiar ini sebagai tanggung jawab intelektual kami," ujar Rudy, doktor lulusan Kobe University Jepang yang juga Ketua Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) Unila.

Buku yang menggandeng penerbit lokal Sai Wawai Publishing ini, digagas secara mandiri dan juga mengandalkan keswadayaan para penulis dan penyusunnya.

"Semua penulis sukarela, tidak mendapatkan honor, bahkan beberapa di antaranya menyumbang biaya penerbitan," kata Rahmatul Ummah pula.