Veteran Tak Diundang Peringatan Harkitnas

id Harkitnas Tanpa Veteran

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Lampung Utara menyesalkan tindakan jajaran pemkab setempat yang dinilai melupakan para pejuang kemerdekaan karena tidak diundang dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

"Kami tidak hadir karena tidak ada undangan upacara besar itu. Biasanya memang anak muda sudah lupa dengan sejarah, padahal tanpa para pejuang tidak akan ada kemerdekaan," ujar Datuk, sapaan akrabnya Saleh Ahmad, Ketua LVRI Lampung Utara, di Kotabumi, Kamis (21/5).

Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2015 di halaman Kantor Pemkab Lampung Utara, Kotabumi, Rabu (20/5) tanpa kehadiran para pejuang (legiun veteran) di kabupaten setempat.

Saleh mengingatkan seharusnya anak muda harus ingat kepada para pejuang kemerdekaan. "Bukankah bangsa yang kuat adalah bangsa yang ingat atas jasa para pejuangnya," ujarnya.

"Di sini dapat kita lihat dengan ketidakhadiran para pejuang karena memang tidak diundang pada upacara Harkitnas itu, padahal ini adalah upacara negara. Hal itu membuktikan bahwa generasi muda sudah melupakan para pejuang, tetapi tidak apa-apa kami tidak perlu capek-capek," kata Saleh Ahmad.