PB PON Sumatera Utara ajak masyarakat jadi volunter di PON 2024

id PB PON, PON Sumut, PON 2024,volunter

PB PON Sumatera Utara ajak masyarakat jadi volunter di PON 2024

Ketua Pengurus Besar Pekan Olahraga Provinsi  Sumatera Utara Afifi Lubis (ANTARA/Anggi Luthfi Panggabean)

Medan (ANTARA) - Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional Provinsi Sumatera Utara (PB PON Sumut) mengajak masyarakat di wilayah tersebut untuk menjadi volunter dalam pesta olahraga empat tahunan yang dijadwalkan berlangsung pada September.

Ketua Harian PB PON Sumut Afifi Lubis mengatakan kesuksesan penyelenggaraan ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut membutuhkan peran dari seluruh elemen termasuk peran masyarakat.

"Kami telah membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menjadi volunter. Kesuksesan PON 2024 tidak terlepas dari peran masyarakat," ujar Afifi Lubis di Medan, Kamis.

Afifi Lubis menjelaskan pada PON 2024, PB PON Sumut membutuhkan berbagai klasifikasi volunter yang terdiri dari Green Volunteer, Blue Volunteer, dan Yellow Volunteer.

Green Volunteer, kata dia, akan bertugas langsung dalam pelaksanaan ajang. Mereka akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," kata dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan, kepemudaan.

"Masyarakat yang berminat menjadi volunter dapat mendaftar di laman pon2024.id. Pendaftaran akan ditutup pada 31 Juli," sebut dia

Pada pendaftaran tersebut, lanjut dia, PB PON Sumut tidak membatasi kuota bagi masyarakat yang ingin menjadi volunter karena semakin banyak pendaftar akan mempermudah untuk menyelenggarakan ajang olahraga tersebut.

"Kalau bisa jumlah volunter kita melebih dari volunter Olimpiade Inggris, yang sebanyak 70.000 orang," jelas dia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya generasi muda untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan PON 2024 dengan menjadi volunter.

"Bagi yang sudah mendaftar akan dilakukan verifikasi pada 1 Juli hingga 1 Agustus, setelah itu akan diberikan pelatihan dan dilakukan penempatan yang akan dimulai 1 Agustus hingga 1 September," ujar dia.