UNS minta civitas akademika dukung pemilu demokratis

id Aksi mahasiswa, UNS, demokrasi

UNS minta civitas akademika dukung pemilu demokratis

Aksi mahasiswa di depan Gedung Rektorat UNS Surakarta di Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). ANTARA/Aris Wasita

Solo (ANTARA) - Jajaran Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meminta seluruh civitas akademika termasuk di dalamnya mahasiswa untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang demokratis.

Melalui keterangan tertulisnya yang ditandatangani oleh Pelaksana Tugas Rektor, Ketua Senat Akademik, dan Ketua Dewan Profesor di Solo, Jawa Tengah, Rabu Plt Rektor UNS Chatarina Muliana mengimbau kepada warga kampus UNS dan semua pihak untuk menghormati dan menghargai setiap perbedaan pandangan dan pendapat dengan menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan.

Poin yang lain, rektor bersama senat akademik dan dewan profesor berkomitmen mendukung terselenggaranya Pemilu Tahun 2024 secara demokratis, jujur, dan adil.

Selain itu, jajaran pimpinan juga berkomitmen menjaga kondusifitas kampus UNS untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi bagi semua warga UNS dan masyarakat.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa UNS meminta seluruh pihak, khususnya yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden 2024 agar menjunjung etika dalam berpolitik.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS 2024 Agung Lucky Pradita meminta pihak UNS betul-betul menegakkan nilai-nilai demokrasi di Indonesia dan Pancasila agar tidak tercela.

"Solo merupakan titik pergerakan, salah satu pasangan calon berasal dari Solo, maka dari itu nilai demokrasi dan etika harus dijunjung tinggi," katanya.

Selain itu, dikatakannya, para mahasiswa berharap agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan damai dan murni tanpa ada kecurangan.

"Kami menuntut agar benar-benar terjaminnya demokrasi Indonesia saat ini agar tercederai dan Pancasila tidak tercerai, karena kita lihat Kampus UNS adalah kampus benteng Pancasila, harus benar-benar menegakkan nilai demokrasi dan Pancasila," katanya.