Roger Federer memukau penonton Wimbledon dari kursi khusus kerajaan

id Roger Federer,Federer,Wimbledon

Roger Federer memukau penonton Wimbledon dari kursi khusus kerajaan

Juara Wimbledon delapan kali Roger Federer berdiri di samping Princess of Wales Kate Middleton dalam acara penghormatan kariernya di Centre Court, All England Lawn Tennis and Croquet Club, London, Inggris, Selasa (4/7/2023). (ANTARA/REUTERS/Toby Melville)

Jakarta (ANTARA) - Wimbledon memberikan penghormatan kepada Roger Federer ketika juara delapan kali itu kembali ke arena pertandingan tempat dia meraih sederet kemenangan terbesarnya.

Penonton Centre Court memberikan tepuk tangan meriah yang diselingi dengan sorak-sorai saat ia memasuki area tempat duduk bagi anggota kerajaan.

Federer yang baru tampil di atas panggung bersama Coldplay di Zurich akhir pekan lalu, tampak terharu sebelum duduk di sebelah Princess of Wales Kate Middleton.

Petenis berusia 41 tahun itu menjauh dari dunia tenis sejak tersingkir dari Laver Cup di London dalam adegan penuh emosi pada September lalu. Dia juga mendapat penghargaan serupa pada ajang lapangan rumput di Halle, Jerman, bulan lalu.

Federer merasa kehadirannya tahun ini di Wimbledon lebih menyenangkan karena dia tidak lagi berkutat dengan cedera yang akhirnya meyakinkan dia untuk pensiun.

"Sekarang terasa baik-baik saja. Tahun lalu terasa sulit karena saya masih berusaha untuk bermain tetapi lutut saya sangat bermasalah," kata Federer, dikutip dari AFP, Rabu.

"Tahun lalu adalah peringatan 100 tahun Centre Court. Saya ingat pernah mengatakan di lapangan bahwa saya berharap dapat bertemu dengan Anda tahun depan. Saya benar-benar bersungguh-sungguh."

"Lucunya, saya tidak lagi merindukan berada di lapangan karena saya tahu tubuh saya tidak bisa melakukannya," ujar Federer.

"Bagus saya tidak bisa (bermain lagi), yang kemudian membuat saya menonton dan mengikuti tenis sebagai seorang penggemar secara total."

Ditanya bagaimana dia beradaptasi dengan kehidupan setelah tenis, Federer ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama istri dan empat anaknya.

"Saya pikir merencanakan ke depan untuk momen pribadi dengan keluarga dan teman-teman, saya pikir itulah yang paling saya nikmati," kata Federer.

"Hidup sejujurnya baik-baik saja. Saya tidak bermain terlalu banyak menjelang pensiun. Jadi sebenarnya saya merasa transisinya sangat mulus."

Federer yang mengakhiri kariernya dengan 20 gelar Grand Slam memenangi gelar Wimbledon pertamanya pada 2003 dan rekor gelar putra kedelapan pada 2017.

Dia memainkan pertandingan terakhirnya di All England Club pada 2021, kalah di perempat final dari petenis Polandia Hubert Hurkacz.

Novak Djokovic berusaha menyamai pencapaian Federer di Wimbledon tahun ini, sekaligus mengamankan gelar Grand Slam ke-24.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Federer memukau penonton Wimbledon dari kursi khusus kerajaan