Sambut HUT RI, masyarakat Sumbersari Bantul gelar karnaval

id Karnavalhutri

Sambut HUT RI, masyarakat Sumbersari Bantul gelar karnaval

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin menyalakan obor yang merupakan rangkaian karnaval warga Kelurahan Sumbersari Bantul dalam rangka menyambut HUT RI. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, masyarakat Kelurahan Sumbersari Bantul, Kecamatan Metro Selatan menggelar kegiatan karnaval di lapangan kelurahan setempat, Selasa (16/08) malam. 

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, karnaval ini merupakan bentuk kreativitas masyarakat Kelurahan Sumbersari Bantul dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia.

"Apapun kreativitas masyarakat yang telah dihasilkan tentunya harus diapresiasi. Ini merupakan bentuk kemandirian dari warga yang ada disini. Mereka mengerti tentang bagaimana bangga akan bernegara, berbangsa, dan bela negara yang dimunculkan pada karnaval ini," katanya.

Ia mengaku bangga dengan masyarakat Kelurahan Sumbersari Bantul yang masih tetap menjaga kekompakan dan budaya gotong royong dalam menampilkan karnaval ini. 

"Saya salut karena kekompakan dan kerjasama yang hebat. Mereka telah menampilkan beberapa seni atas gotong royong mereka. Ada patung para pahlawan, pertanian tradisional, bahkan ada patung hewan dan lainnya juga," ucapnya.

Wahdi menjelaskan, karnaval dalam menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia ini merupakan budaya yang rutin dilaksanakan oleh warga Sumbersari ketika menyambut hari besar seperti Idul Fitri, ulang tahun kelurahan maupun HUT RI. 

"Iya karnaval ini sempat terhenti karena pandemi COVID-19 dan sekarang sudah bisa dilaksanakan lagi. Tentunya kegiatan ini harus bisa lebih besar dan lebih luas lagi. Karena masyarakat sudah berupaya mengeluarkan dana dan tenaga," paparnya. 

Dia berharap, ke depan karnaval dan pawai ini bisa menjadi event tahunan dan bisa tampil dalam perayaan HUT Kota Metro maupun kegiatan besar lainnya.