IMZ Consulting gelar pelatihan online Akuntansi Wakaf

id IMZ Consulting, IMZ,Dompet dhuafa

IMZ Consulting gelar pelatihan online Akuntansi Wakaf

IMZ Consulting gelar pelatihan online Akuntansi Wakaf. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 16 peserta mengikuti Online Learning Program "Akuntansi Wakaf" batch III live melalui zoom, Selasa (5/7).

IMZ Public Training rutin diselenggarakan sebagai bentuk edukasi untuk para pengelola atau praktisi, akademisi, dan masyarakat umum. Selain nazhir lembaga serta amil zakat, ada juga dari pengelola rumah sakit yang turut serta. 

Sebuah pengalaman menarik ketika berkunjung ke Rumah Sakit Jogja International Hospital (JIH) dan Badan Wakaf UII Yogyakarta. Berdiri di atas lahan wakaf yang dari awal diperuntukkan untuk kesehatan. Sumber pendanaannya blended, wakaf dan pembiayaan dari bank. Berlokasi di Ring Road Utara Yogyakarta dibangunlah sebuah RS, fungsinya melayani orang-orang sakit dan memajukan kesejahteraan umum. 

"Bangunannya didesain sangat menarik. Menjadi bentuk ibadah (wakaf) yang tidak tanggung-tanggung. Layanan kesehatan yang disediakan sangat prima. Ketika masuk rumah sakit, kalau dari bawah hingga masuk kamar bisa berlari," ungkap Ketua Badan Wakaf UII kala itu. 

Saking nyamannya ruang VIP sampai waiting list. Dan yang waiting listnya warga keturunan (China). Jika ada yang mau wisata ke Yogya, mending nginap di JIH dibanding hotel. RS JIH yang merupakan aset Badan Wakaf UII ini dalam tiga tahun sudah break event point (BEP). 

Kalau wakaf jangan ditampilkan tentang berapa pasien. Sudah untung sekian, ROI-nya sekian. Hasil keuntungannya untuk mendanai beasiswa bagi kalangan yang miskin dari mahasiswa UII.

"Ini banyak missing link dari para nazhir wakaf. Ketika sudah mendapatkan aset wakaf, jangan ngencleng tetapi mengedukasi para muwakif dan pengembangan wakaf," demikian Teten Kustiawan, Konsultan Good Nazhir Governance sebagai trainer berbicara tentang bisnis proses wakaf dalam OLP Akuntansi Wakaf.

TENTANG IMZ
Inspirasi Melintas Zaman (IMZ Consulting) merupakan lembaga social enterprise yang membantu organisasi profit dan nirlaba di bidang leadership, pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat berbasis nilai-nilai spiritual. Lahir pada akhir tahun 1999, berawal dengan nama Institut Manajemen Zakat, kami terus bertransformasi memenuhi kebutuhan zaman dengan fokus pada 6 bidang academy, yakni: ZISWAF Academy, Leadership and HR Academy, Community Development Academy, Fundraising Academy, Islamic Social Finance Academy, dan Parent and Teacher Academy.


Tentang Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Dompet Dhuafa-Kemenparekraf gelar BISA FEST di Kampung Silat Jampang
Baca juga: Silex salurkan "hampers" hingga "school kit" bagi anak-anak