Tol Bakauheni-Kota Baru Lampung Siap Digunakan

id Tol Trans Sumatera,Tol Bakauheni-Kota Baru

Kondisi jalan Tol Trans Sumatera menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan jalur tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Kotabaru di wilayah provinsi tersebut akan dibuka pada 22 Desember 2018.
        
"Yang baru bisa dilewati hanya ruas Bakauheni-Kotabaru pada tanggal 22 Desember 2018, sementara beberapa lokasi belum bisa dilalui karena ada beberapa titik yang harus diselesailan," ujar Qodratul Ikhwan, saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya, di Bandarlampung, Senin.
        
Qodratul menjelaskan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan di jalan lintas Sumatera Soekarno-Hatta yang biasa digunakan untuk menuju Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya, maka ruas tol Bakauheni sampai Kotabaru sudah dapat dilalui.
        
"Ada beberapa titik dari Kotabaru ke Terbanggi dan sedang dikebut pengerjaannya. Bila selesai berarti bisa tembus sampai Terbanggi besar, bila tidak selesai maka hanya sampai Kotabaru," kata dia.
        
Dia mengharapkan, kepada seluruh pengguna jalan tol nantinya harus tetap ekstra waspada saat melintas. Karena masih banyaknya kekurangan yaitu penerangan yang belum sempurna.
        
Mengenai tarif tol, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan belum mengetahui persis tarif yang diberlakukan, tetapi diperkirakan masih gratis atau tidak berbayar.
       
"Sepertinya masih gratis, untuk menyambut Natal 2018 dan Tahun 2019 mendatang," ungkapnya
   
Sedangkan untuk fasilitas yang ada di jalan tol sudah tersedia, seperti SPBU, toilet, mushola dan warung kecil. Ini agar para pengendara yang ingin istirahat, sholat atau berbelanja jajanan kecil bisa di tempat tersebut.
        
"Semua ada, karena itu yang sangat dan pasti dibutuhkan oleh oleh para pengendara," jelasnya.
        
Fasilitas ini disiapkan untuk menyambut Natal 2018 dan tahun baru 2019, sifatnya tidak permanen, tetapi setelah selesai Natal dan tahun baru 2019, akan dikerjalan untuk penyiapan rest area khusus.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar