Relawan KECe Mulai Sisir UMKM di Lampung Tengah

id relawan kece sisir umkm, bambang irawan, program kece bupati lampung tengah,

Relawan KECe sedang berada di salah satu UMKM di Lampung Tengah (FOTO : Humas Pemkab Lampung Tengah)

...Setiap kampung tentunya mempunyai kondisi yang berbeda-beda, inilah tugas kita untuk lebih menyukseskan lagi potensi UMKM di kampung lewat program KECe," jelasnya...
Lampung Tengah (ANTARA Lampung) - Relawan Kampung Entrepreneur Creative (KECe) mulai menyisir kampung-kampung di kabupaten Lampung Tengah untuk menyosialisasikan program ekonomi kerakyatan yang digagas oleh Bupati Lampung Tengah Mustafa itu.

Relawan KECe yang terdiri dari para pemuda ini juga menginventarisir dan menganalisa potensi-potensi usaha menengah kecil mikro (UMKM) yang ada di kampung-kampung. Sosialisasi perdana dilakukan relawan di Kampung Onoharjo Kecamatan Terbanggibesar, Senin (4/9).

Bambang Irawan, salah satu relawan KECe mengatakan kunjungannya ke UMKM-UMKM di Onoharjo bertujuan untuk mengenalkan program KECe yang digulirkan Bupati Mustafa. Selain itu mereka juga menyisir dan mendata UMKM yang akan dan tengah tumbuh di setiap kampung.

"Selanjutnya kita akan membuat analisa, dari potensi yang ada apa saja yang perlu dipeberdayakan, dilatih, diperbaiki atau dikembangkan. Setiap kampung tentunya mempunyai kondisi yang berbeda-beda, inilah tugas kita untuk lebih menyukseskan lagi potensi UMKM di kampung lewat program KECe," jelasnya.

Langkah ini akan terus dilanjutkan di seluruh kampung di Lampung Tengah. Dalam jangka panjang, relawan KECe bakal ekspansi ke semua kabupaten/kota di Lampung.

Menurutnya proses pengembangan industri rumahan merupakan salah satu cara membangkitkan ekonomi berbasis kerakyatan.

Ke depan tim akan menggaet maupun membentuk industri-industri rumahan baru dan membuat sistem pemasaran terpadu dengan produk yang sudah terstandarisasi.

"Apalagi Pak Mustafa juga akan memfasilitasi kebutuhan produksi untuk menunjang industri-industri tersebut. Program ini merupakan titik kebangkitan ekonomi kerakyatan untuk menghadapi tajamnya arus globalisasi terutama Asean Economic Community dan sistem kapitalisme yang menjamur," katanya.

Program KECe juga disambut baik oleh pelaku usaha di Lampung Tengah. Sri, salah satu penggiat UMKM di Onoharjo mengaku sangat mendukung program KECe untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di tingkat kampung.

"Apalagi masih banyaknya kendala atau permasalahan yang dihadapi UMKM dalam mengembangkan usahanya. Dengan dukungan pemerintah lewat program KECe tentunya akan sangat membantu kami dalam memecahkan kendala-kendala yang dihadapi. Saya pribadi sangat mendukung dan semoga program KECe bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat," katanya. (ANTARA)


Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar