Lampung Utara alokasikan dana desa untuk sumur

id lampung utara, daan desa, sumur bor

Kotabumi, Lampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah Desa Abung Jaya, Kecamatan Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara mengalokasikan dana desa untuk membangun sumur bor di tujuh titik guna memenuhi kebutuhan air bersih di daerah tersebut.

"Penggunaan dana untuk program tersebut menyusul keluhan masyarakat terhadap kurangnya sumber air bersih yang mulai dirasakan masyarakat Lampung Utara di sejumlah wilayah Kecamatan Abung Selatan sejak musim kemarau," kata Kepala Desa Abung Jaya Mulyadi di Kotabumi, Senin.

Program itu bertujuan guna mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih di samping sebagai antisipasi saat saluran irigasi Wayrarem dikeringkan guna pengaturan debit air.

Ketujuh titik sumber air bersih dengan membangun sumur bor di Desa Abung Jaya berada di Dusun Widoro Payung I (dua titik), Dusun Widoro Payung II (satu titik), Dusun Margomulyo I (dua titik) dan Dusun Margomulyo II (dua titik).

"Pembuatan ketujuh titik sumur bor ini tersebar pada empat dusun dan program kegiatan ini bersumber dari alokasi dana desa tahun 2015," kata Mulyadi.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara juga telah merealisasikan 72 unit pompa air untuk mengantisipasi kekeringan pada areal persawahan petani di 23 kecamatan di daerah ini.

"Antisipasi kekeringan pada sawah masyarakat se-Lampung Utara ini perlu dilakukan, mengingat mayoritas areal persawahan pada 23 kecamatan di daerah ini berupa sawah tadah hujan," kata Asisten II Pemkab setempat, Fahrizal Ismail.
 
Pewarta :
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar