Ajang SMEXPO di Bandarlampung wujud dukungan Pertamina pada UMKM lokal

id Pertamina,Umkm,Smexpo lampung

Ajang SMEXPO di Bandarlampung wujud dukungan Pertamina pada UMKM lokal

Ajang Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Bandar Lampung, Lampung, pada 20-22 September 2024. ANTARA/HO-PT Pertamina Patra Niaga

Jakarta (ANTARA) - Ajang Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024 di Bandarlampung, Lampung, merupakan wujud dukungan PT Pertamina (Persero) pada ekonomi lokal melalui pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Area Manager Communication, Relation, dan CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengungkapkan kebanggaan dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung keberhasilan SMEXPO Bandar Lampung 2024, yang sukses digelar pada 20-22 September 2024.

"Kami sangat mengapresiasi antusiasme warga dan partisipasi UMKM yang begitu besar dalam acara ini. Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 tidak hanya menjadi wadah bagi UMKM untuk mempromosikan produk, tetapi juga menunjukkan komitmen Pertamina dalam mendukung ekonomi lokal melalui pemberdayaan UMKM," ujarnya.

Melalui acara tersebut, lanjut Nikho, Pertamina terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM, yang menjadi penggerak perekonomian lokal dan nasional.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian sustainable development goals (SDG's).

"Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan environmental, social & governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina," jelas Nikho.

Acara pameran pun menarik perhatian warga Bandar Lampung, yang memanfaatkan akhir pekan untuk menikmati kuliner dan berbelanja produk fesyen serta kerajinan dari UMKM unggulan binaan Pertamina.

Selain pameran produk 35 UMKM unggulan, yang menampilkan produk-produk inovatif dari berbagai sektor, rangkaian acara lain dilaksanakan dalam Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024, termasuk sajian kuliner khas dari berbagai daerah di wilayah Sumbagsel, talkshow, workshop, dan perlombaan, serta penampilan musisi nasional seperti Citra Skolastika dan Band Batas Senja.

Transaksi penjualan UMKM binaan selama tiga hari pameran tercatat mencapai Rp270 juta yang menunjukkan potensi besar UMKM dalam mendongkrak perekonomian daerah, terutama di Sumbagsel.

Sementara itu, pemilik keripik Nuha, UMKM binaan Pertamina, Nurhasanah menyampaikan terima kasih karena diikutsertakan dalam Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024.

Nurhasanah menuturkan berkat SMEXPO itu usahanya mendapat keuntungan lebih dari Rp100 juta.

"Melalui SMEXPO Bandar Lampung 2024, Pertamina tidak hanya membantu kami dalam pemasaran produk, tapi juga memberikan peluang besar untuk berkembang. Diharapkan, SMEXPO akan terus diadakan di masa mendatang sehingga dapat menjadi pendongkrak perkembangan UMKM di Indonesia," tuturnya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ajang SMEXPO Bandar Lampung wujud dukungan Pertamina pada UMKM lokal