Damkarmat Lamsel tambah satu unit mobil damkar

id Lampung Selatan,Damkarmat ,Penambahan mobil damkar

Damkarmat Lamsel tambah satu unit mobil damkar

(Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, menambah satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memperkuat penanganan musibah kebakaran di wilayah tersebut. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan, menambah satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) untuk memperkuat penanganan musibah kebakaran di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Sabtu, mengatakan pengadaan mobil pemadam kebakaran tersebut berukuran tangki air sebanyak 4.000 liter.

"Alhamdulillah kita mendapatkan satu unit mobil pemadam kebakaran yang berkapasitas tengki 4.000 liter, dari Bupati Lampung Selatan," Rully Fikriansyah.

Menurutnya, dengan bertambahnya armada itu akan memperkuat upaya pemerintah daerah dalam menangani kebakaran dan bencana lainnya.

"Kita sangat senang sekali kepada bapak Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, karena tanpa peduli dari beliau kita tidak bisa apa apa. Dengan adanya penambangan armada dari bapak bupati sehingga kita dapat melakukan tugas secara maksimal," kata dia

Ia menjelaskan, penambahan armada sangat dibutuhkan karena banyaknya evakuasi kebakaran yang dilakukan oleh Dinas Damkar dan Penyelamatan sepanjang tahun 2023.

"Terdapat 316 kasus kebakaran pada tahun 2023. Sebelumnya, tahun 2022 itu hanya 75 kasus, ini dikarenakan dampak elnino. Karenannya pengadaan armada ini sangat diperlukan," katanya.

Sedangkan, kata Rully Damkarmat Lampung Selatan saat hanya memiliki sebanyak 11 unit mobil pemadam kebakaran, yang mana dengan jumlah tersebut sangat minim untuk menjangkau luas dari seluruh wilayah Lampung Selatan.

"Keseluruhan ada 11 unit dan dua rusak berat. Rinciannya adalah satu di Kecamatan Natar, satu di Jati Mulyo, satu di Sidomulyo, satu di Tabin, dan lima unit di Kalianda," ujar dia.