Itera bersama BPS Lampung bangun Pojok Statistik di kampus

id Lampung,Bandarlampung,Pemkot Bandarlampung,Itera,Pojok Statistik

Itera bersama BPS Lampung bangun Pojok Statistik di kampus

Itera dan BPS Lampung resmikan Pojik Statistik guna wadah konsultasi dan literasi statistik yang ada di kampus. Lampung Selatan, Lampung, Jumat (7/6/2024)0 (ANTATA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Fakultas Sains Institut Teknologi Sumatera (Itera) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung berkolaborasi meningkatkan literasi statistik di lingkungan perguruan tinggi dengan membangun Pojok Statiska di kampus itu.

"Pojok Statistik ini sebagai wadah konsultasi dan literasi statistik yang ada di kampus," kata Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Itera  Rahayu Sulistyorini dalam penyelenggaraan kuliah umum bertajuk "Urgensi Data Statistik dalam Kemajuan SDM Unggul," di Lampung Selatan, Jumat.

Ia menyampaikan pentingnya acara dan pojok statistik di kampus sebagai ajang pengumpulan data yang akurat hasil kolaborasi antara Fakultas Sains Itera dan BPS.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat menyediakan data selengkap-lengkapnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas, peneliti, dan berbagai bidang keilmuan lainnya. Semoga Itera dan BPS dapat terus bersinergi untuk kepentingan yang lebih besar," katanya.

Kepala BPS Provinsi Lampung Atas Parlindungan Lubis menekankan pentingnya meningkatkan literasi statistik di kalangan dosen dan mahasiswa.

"BPS hadir berkolaborasi dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan literasi statistik di kampus dalam rangka sistem literasi statistik nasional. Pojok Statistika Itera merupakan duplikat pelayanan statistik terpadu yang ada di kantor BPS," katanya.

Direktur Diseminasi Statistik BPS Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami menyampaikan terkait peran penting BPS dalam mendukung pembangunan nasional.

"BPS wajib menyediakan kebutuhan statistik dasar, yang menjadi kompas pembangunan melalui data berkualitas yang digunakan sebagai dasar perumusan kebijakan yang tepat sasaran,” ucapnya.

Dwi juga memaparkan tantangan yang dihadapi BPS, termasuk disrupsi teknologi dan revolusi data. Kemudian bagaimana BPS memanfaatkan Big Data untuk menghasilkan produk statistik baru, mengganti produk yang telah ada, dan melengkapi produk yang telah ada.

"Big Data merupakan komponen utama dari disrupsi teknologi, dengan 5V, Volume, Velocity, Variety, Veracity, dan Value," kata dia.

Baca juga: Observatorium Itera abadikan pesona langit Lampung kala blackout

Baca juga: Itera dan PT Fermentech Indonesia jajaki kerja sama pendidikan dan riset

Baca juga: Mahasiswa Teknik Sipil Itera Juara Mekhanai Provinsi Lampung