Itera dan PT Fermentech Indonesia jajaki kerja sama pendidikan dan riset

id lampung, itera, kampus

Itera dan PT Fermentech Indonesia jajaki kerja sama pendidikan dan riset

Itera dan PT Fermentech Indonesia Jajaki Kerja Sama Pendidikan dan Riset (ANTARA/HO-Itera)

Proposal penelitian dari dosen Itera telah diajukan ke PT Fermentech Indonesia dan akan dibahas lebih lanjut

Bandarlampung (ANTARA) - PT Fermentech Indonesia melakukan kunjungan resmi ke Institut Teknologi Sumatera (Itera) untuk membahas peluang kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan, program magang, rekrutmen, dan penelitian dosen.

Kehadiran jajaran PT Fermentech Indonesia Rabu, 28 Mei 2024, diterima oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera, Prof. Khairurijal beserta jajarannya. Sementara dari pihak PT Fermentech Indonesia, hadir President Director, Mr. Katsuhisa Onoyama, Kepala Departemen General Affair Hendro Afriyandi, Kepala Bagian Production Planning dan interpreter, Susanto, Kepala Seksi HRGA, Hanisa Windriana, dan Maria Ulfa.

Dalam diskusi tersebut dibahas rencana kerja sama program pendidikan dan pelatihan, yang akan melibatkan para dosen Itera pengampu yang dapat berkunjung langsung ke PT Fermentech Indonesia (FTI). Program ini ditujukan untuk staf baru atau para lulusan S1.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera, Prof. Khairurijal, mendorong agar salah satu prodi yaitu Prodi Teknik Sipil Itera, segera menyerahkan proposal untuk mengikuti program tersebut.

Selain itu, PT Fermentech Indonesia menyarankan agar program magang juga dapat digunakan sebagai bahan penyusunan tugas akhir (TA). Program magang ini diharapkan dilaksanakan pada semester 6 dan 7 untuk memastikan mahasiswa siap lulus dan memudahkan proses rekrutmen. PT Fermentech Indonesia berharap proses rekrutmen di Itera dapat memudahkan akses mahasiswa untuk bergabung dengan perusahaan.

President Director PT Fermentech Indonesia Onoyama, menilai lulusan Itera yang bekerja di perusahaan tersebut berkinerja baik dan berharap dapat merekrut lebih banyak mahasiswa Itera.

Pihak PT Fermentech Indonesia, melalui Maria Ulfa menambahkan bahwa fasilitas di Itera, sebagaimana yang telah dilakukan penjajakan kerja sama tergolong sudah lengkap dan program studi yang ada sesuai dengan kebutuhan, seperti Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, dan Teknik Sipil.

Sementara Prof. Khairurrijal, menyampaikan, pembahasan kerja sama yang dilakukan bersama dengan PT Fermentech Indonesia, dapat segera ditindaklanjuti.

Kerja sama dalam bidang penelitian dosen juga akan menjadi salah satu fokus utama dalam kerja sama. Proposal penelitian dari dosen Itera telah diajukan ke PT Fermentech Indonesia dan akan dibahas lebih lanjut.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara PT Fermentech Indonesia dan Itera, serta membuka peluang kerja sama yang lebih luas di masa depan. Hal ini sejalan dengan komitmen kedua belah pihak untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia yang unggul dan inovatif melalui kolaborasi antara dunia industri dan akademisi.

Sementara itu, tim dosen Itera yang turut hadir mengusulkan beberapa skema rekrutmen, termasuk melalui acara Career Day Itera.