Pemkot Metro segera bangun Tugu Gemerlang

id Gemerlang

Pemkot Metro segera bangun Tugu Gemerlang

Kadis Dikbud Metro, Suwandi didampingi Sekretaris Dedi Hasmara dan perwakilan dari Kejaksaan Metro meninjau lokasi akan dibangunya Tugu Gemerlang. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro didampingi Kejaksaan Negeri (Kejari) meninjau tempat di bangunnya Tugu Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang) yang terletak di pertigaan Jalan A Yani dan Brigjen Sutiyoso.

"Iya hari ini saya didampingi perwakilan dari Kejari  meninjau lokasi yang nantinya akan dibangun Tugu Gemerlang. Kita ingin pembangunannya nanti memang sesuai perencanaan," kata Kepala Disdikbud Metro, Suwandi, di Kota Metro, Rabu. 

Ia menjelaskan, sebelumnya sayembara desain Tugu Gemerlang ini sudah ditentukan oleh tim juri dan setelahnya desain tugu pemenang tersebut sudah dinilai oleh tim ahli untuk menentukan berapa besaran biaya pembangunan tugu ini.

"Jadi sudah diumumkan pemenangnya dan desain tugunya juga sudah dinilai oleh tim ahli. Karena itu hari ini kita tinjau lokasinya," jelasnya. 

Menurutnya, Tugu Gemerlang ini bukan hanya sekedar tugu peringatan, namun merupakan representasi dari cita-cita Kota Metro untuk menuju Gemerlang di tahun 2035 karena itu pembangunannya harus dilakukan dengan baik.

"Ini bukan tugu peringatan ya. Tugu Gemerlang inikan salah satu perwujudan cita-cita Metro menuju Gemerlang di tahun 2037," ucapnya.

"Kalau Bapak Presiden itukan mewujudkan Generasi Emas di tahun 2045. Sedangkan Pak Walikota ini punya sebuah lompatan yaitu mewujudkan Gemerlang di tahun 2037. Kenapa di tahun 2037, karena itu tepat usia ke 100 tahun Kota Metro," imbuhnya. 

Diketahui, sebelumnya Disdikbud Metro melaksanakan sayembara desain Tugu Gemerlang yang merupakan representasi dari cita-cita Kota Metro mewujudkan Gemerlang di tahun 2037.

Tim juri dari sayembara ini sendiri terdiri dari budayawan, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), dan juga akademisi.