Sayembara desain Tugu Gemerlang di Disdikbud Metro masuk tahap final

id Tugugemerlang,tugu gemerlang,tugu metro

Sayembara desain Tugu Gemerlang di Disdikbud Metro masuk tahap final

Sekretaris Disdikbud Kota Metro Dedy Hasmara. ANTARA/dok. Hendra Kurniawan

Desain tugu yang bisa merepresentasikan cita-cita Metro menuju Gemerlang dengan tidak melupakan kearifan lokalnya.
Metro (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Metro, Lampung menggelar sayembara gagasan desain Tugu Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang).

Sebanyak 70 peserta yang sudah mendaftar, sudah terpilih lima finalis yang masuk ke penilaian terakhir (final) untuk penetapan juara.

"Total ada 70-an peserta yang mendaftar, tetapi hanya 21 yang mengirimkan desainnya. Sekarang sudah masuk tahap akhir dan sudah terpilih lima finalis. Tadi mereka sudah memaparkan desain masing-masing dan akan dinilai oleh tim juri untuk menentukan siapa yang menang," kata Sekretaris Disdikbud Metro Dedy Hasmara, di Metro, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam sayembara ini ada beberapa kriteria penilaian, namun yang paling utama yakni tugu ini bisa merepresentasikan cita-cita Kota Metro menuju Gemerlang, namun harus tetap memperhatikan nilai-nilai kearifan lokal.

"Ini bukan tugu peringatan ya, ini coba kami cari adalah desain tugu yang bisa merepresentasikan cita-cita Metro menuju Gemerlang dengan tidak melupakan kearifan lokalnya. Dan yang paling kami juga mempertimbangkan desain tugu itu bisa dibangun atau tidak, karena percuma bagus tetapi tidak bisa dibangun," katanya lagi.

Dedy menjelaskan, dalam sayembara ini, Disdikbud setempat melibatkan budayawan, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), dan juga akademisi sebagai tim juri yang menilai desain tugu para peserta.

"Kami hanya penyelenggara saja, tim juri itu dari IAI, budayawan dan akademisi. Kami ingin benar-benar tim profesional yang menilai desain para peserta," ujarnya lagi.

Ia menambahkan, Tugu Gemerlang direncanakan akan dibangun pada tahun 2023 ini yang nantinya akan ditempatkan di pertigaan Jalan A Yani menuju Jalan Brigjen Sutiyoso. 

"Jadi setelah ditetapkan pemenang, nanti akan dinilai oleh tim ahli untuk menghitung berapa total anggaran yang dihabiskan untuk membangun tugu ini. Jika anggaran dan waktu pelaksanaannya cukup, bisa dilaksanakan tahun ini," katanya pula. 
Baca juga: Dinilai sudah tidak ideal, Tugu Pena Metro mulai direnovasi