Losari Medika Dompet Dhuafa di Brebes diresmikan

id Dompet Dhuafa, LKC Dompet Dhuafa

Losari Medika Dompet Dhuafa di Brebes diresmikan

Losari Medika Dompet Dhuafa di Brebes diresmikan. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa

Target layanan kami adalah fokusnya pada masyarakat dhuafa atau masyarakat yang kurang mampu....
Brebes (ANTARA) - Sebagai upaya memperluas jangkauan layanan kesehatan, Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) meresmikan Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa.

Acara peresmian berlangsung pada Rabu, 9 Agustus 2023, di Desa Blubuk, Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Lokasi ini juga merupakan tempat berdirinya Gedung Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa.

Sejumlah pelayanan yang akan bergulir di Gerai Sehat ini, di antaranya poli umum dan pemeriksaan ibu dan anak, pelayanan tersebut akan dibuka dari hari Senin sampai Jumat dengan waktu layanan dari pagi hingga malam. 

Menurut dr Zainab Aqila selaku Pelaksana Tugas Senior Officer Respons Darurat Kesehatan dan Layanan Kesehatan LKC Pusat, saat ini Gerai Sehat Losari Medika telah membuka pelayanan berbasis dokter praktik mandiri.

“Target layanan kami adalah fokusnya pada masyarakat dhuafa atau masyarakat yang kurang mampu dengan sistem kepesertaan yang akan diverifikasi. Jadi ketika ada masyarakat yang ingin berobat untuk pertama kali akan diberikan layanan secara gratis jika tidak memiliki dana atau jika masuk kategori dhuafa selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas untuk menentukan status kepesertaannya,” ujar dr Aqila.

Hadirnya pelayanan di Gerai Sehat Losari Medika Dompet Dhuafa ini tidak lepas dari kolaborasi yang dijalin oleh berbagai pihak, di antaranya Losari Medika dan pemerintah setempat. 

Slamet Riyadi yang menjabat sebagai Camat Losari menyampaikan apresiasi atas peresmian Gerai Sehat Losari dan berharap dapat menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di wilayahnya.

“Kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gerai Sehat Losari Medika dengan harapan ke depan akan dapat mengambil peran terkait dengan permasalahan-permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Brebes, khususnya di Kecamatan Losari,” ujar Slamet. 

Selanjutnya, Eros selaku perwakilan dari pihak Losari Medika berharap melalui kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat dan ada pengembangan-pengembangan yang bersifat inovatif terkait dengan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Saya merasa yakin dengan bermitra dengan Dompet Dhuafa, insya Allah pelayanan kesehatan terutama berbasis pada pelayanan kesehatan yang tidak mampu itu bisa terlaksana dengan baik, karena melihat pengalaman Dompet Dhuafa yang sudah banyak mengelola sekian Gerai Sehat yang seperti ini yang insya Allah dari laporannya itu bermanfaat bagi orang banyak,” ujar Eros pula.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial. Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR. (Advertorial)
Baca juga: Tekan stunting, LKC Dompet Dhuafa galakkan ASI eksklusif
Baca juga: Little Explorer 2023, gerakan muliakan yatim Nusantara ala Dompet Dhuafa Volunteer