Ketua LP3M Unila hadiri bimtek pengembangan prodi untuk standar mutu Internasional

id lampung, unila, perguruan tinggi, universitas lampung, universitas

Ketua LP3M Unila hadiri bimtek pengembangan prodi untuk standar mutu Internasional

LP3M unila hadiri bimtek pengembangan prodi untuk standar mutu Internasional  (ANTARA/HO-Unila)

Bandarlampung (ANTARA) - Ketua LP3M Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., mewakili rektor, hadir dalam bimbingan teknis pengembangan program studi yang bertujuan memenuhi standar mutu internasional, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang diadakan Belmawa bekerja sama dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah II ini diselenggarakan di Hotel Novotel Lampung dan dihadiri berbagai perguruan tinggi di wilayah LLDikti II.

Prof. Iskhaq Iskandar, selaku Ketua LLDikti Wilayah II, dalam sambutannya mengatakan, tahun ini akan ada program akselerasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Iskhaq menyatakan, para peserta dari berbagai perguruan tinggi di wilayah LLDikti II diharapkan dapat meningkatkan prestasi serta kualitas program studi.

“Diharapkan perguruan tinggi-perguruan tinggi di LLDikti Wilayah II untuk meningkatkan prestasi dan kualitas program studi, sehingga ada salah satu perguruan tinggi yang berakreditasi unggul di dalam waktu dekat,” ujarnya.

Iskhaq juga menekankan pentingnya pencapaian indikator kinerja utama (IKU) yang memiliki delapan indikator, dan diharapkan dapat tercapai sepenuhnya.

Prof. Abdurrahman, yang mewakili Rektor Unila, menyampaikan dukungan dan penguatan untuk program studi yang terekognisi internasional sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi.

Dalam paparannya, Abdurrahman juga mengungkapkan rencana pembangunan jangka panjang Unila hingga tahun 2045 meliputi akselerasi program studi menuju akreditasi internasional.

Saat ini Unila telah memiliki 13 program studi yang terakreditasi internasional, melalui lembaga akreditasi FIBAA, ASIIN, ABEST21, dan RSC. Selanjutnya pada tahun 2024 direncanakan ada beberapa prodi yang akan divisitasi untuk mendapatkan akreditasi internasional.

Selain itu, turut hadir Prof. Sri Suning Kusumawardhani, selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang hadir sebagai narasumber dengan membawakan materi “Kebijakan Pemerintah untuk Program Akreditasi Internasional“.

Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis ini, perguruan tinggi di wilayah LLDikti II semakin meningkatkan mutu pendidikan, meraih akreditasi internasional, dan berkontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

BERITA KERJA SAMA