Bandarlampung dapat alokasi HPV 1.200 dosis

id Lampung,Bandarlampung,Dinkes,HPV

Bandarlampung dapat alokasi HPV 1.200 dosis

Ilustrasi (FOTO ANTARA/dok.)

Bandarlampung (ANTARA) - TuhDinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung mengatakan bahwa telah mendapatkan vaksin Human Papillomavirus Vaksin (HVP) sebanyak 1.200 dosis dari pemerintah pusat.

"Vaksin HPV kami sudah terima dan ini bakal segera dilakukan program vaksinasi HPV bagi anak kelas 5 SD/madrasah/sederajat, juga anak perempuan usia 11 tahun," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Bandarlampung, Desti Mega Putri, di Bandarlampung, Jumat.

Dia mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi HPV kepada anak ini akan dilaksanakan bersamaan dengan Bulan Imunisasi Sekolah (BIAS) pada pekan kedua bulan ini.

"Ini diberikan secara gratis, dalam upaya pemerintah melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker leher rahim," kata dia.

Dia mengatakan bahwa di Bandarlampung nantinya akan ditargetkan sebanyak 6.000 anak perempuan mendapatkan vaksin HPV, sebagai usaha menanggulangi serta menurunkan prevalensi kanker yang juga disebut serviks.
.
"Kalau targetnya ada sekitar 6.000 anak perempuan yang akan mendapatkan HPV ini, tapi memang yang baru kami terima sebanyak 1.200 dosis," katanya.

Dia menambahkan bahwa untuk pelaksanaannya nanti Dinkes akan mengerahkan setiap puskesmas yang ada, karena di sana terdapat data di setiap sekolahnya.

"Jadi nanti kami yang akan datang ke sekolah-sekolah, untuk melakukan penyuntikan HPV kepada anak perempuan yang sudah memasuki fase menstruasi," kata dia.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan ketentuan bahwa setiap anak harus disuntikkan HPV sebanyak dua kali dengan rentang waktu satu tahun satu kali suntikan.

"Jadi kalau sekarang yang kami suntikkan HPV itu anak SD kelas 5 nanti di kelas 6 harusnya mereka beri HPV lagi," demikian Desti Mega Putri.