Pekalongan, sentra bibit buah dan tanaman hias di Lampung

id Lampung Timur, Pekalongan,bibit buah-buahan

Pekalongan, sentra  bibit buah dan tanaman hias di Lampung

Pembeli bunga di Pekalongan Lampung Timur (Antara Lampung/M Misaf Khandiasih)

Pekalongan, Lampung Timur (ANTARA) - Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur merupakan sentra bibit buah-buahan dan tanaman hias di Lampung.

"Banyak masyarakat di Pekalongan berprofesi sebagai petani bibit buah-buahan, tak sedikit pula dari mereka juga menanam tanaman hias," kata Aji Fajar Kurniawan (28), salah seorang pengusaha tanaman di Pekalongan, Senin.

Ia menjelaskan, beragam jenis bibit buah-buahan tersedia di Pekalongan, pembelinya pun datang dari berbagai wilayah, diantaranya luar Lampung.

"Beragam bibit dijual di sini, diantaranya: bibit durian, jambu, jeruk, apel, alpukan dll. Jika ada pesanan, jenis dan jumlah berapapun yang diminta pembeli dapat dipenuhi. Tak jarang juga ada pembeli dari luar Lampung, diantaranya: Palembang dan Bengkulu," lanjutnya.

Sementara, Mariawan (61) warga Pekalongan yang juga memiliki usaha pembibitan mengaku, dirinya berhasil memperoleh omzet sebanyak ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam sehari dari penjualan bibit tanaman buah.

"Tak menentu, rata-rata omzet dari penjualan bibit pada kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam sehari," ujarnya.

Mariawan menambahkan bahwa harga bibit variatif, tergantung dari jenis dan ukuran.

"Harganya mulai dari Rp10.000 - Rp300.000, bahkan beberapa ada yang jutaan rupiah", katanya.
Pekalongan, sentra bibit buah dan tanaman hias di Lampung (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)


 Jenis tanaman hias yang dijual bervariasi, diantaranya : Aglonema lady valentine ukuran kecil dibanderol harga Rp80.000 untuk ukuran kecil hingga Rp150.000/polybag untuk ukuran besar, Aglonema big roy ukuran kecil Rp25.000/polybag, Aglonema kocil ukuran kecil Rp35.000/polybag, Aglonema lipstik ukuran kecil Rp7.000/polybag, Aglonema tisu ukuran sedang Rp100.000/polybag, Aglonema snow white ukuran kecil Rp60.000/polybag, Sirih gading ukuran kecil Rp15.000/polybag, Bunga keladi ukuran sedang Rp.10.000/polybag, Bayam hias Rp5.000/polybag, Bunga krokot merah dan pink ukuran kecil Rp1.000/polybag.

Adapun bibit buah-buahan, diantaranya: Alpukat, durian, petai, mangga, jeruk, kelengkeng, jambu dll dibanderol berkisaran harga Rp10.000 untuk bibit ukuran kecil, hingga Rp300.000 untuk bibit ukuran 1-2 meter.
Pekalongan, sentra bibit buah dan tanaman hias di Lampung (Antara Lampung/Hisar Sitanggang)