Warga Bandarlampung rayakan HUT-75 RI dengan kesederhanaan

id HUT ke75 RI, HUT RI

Warga Bandarlampung rayakan HUT-75 RI dengan kesederhanaan

Salah satu keluarga di Bandarlampung tengah merayakan HUT Ke-75 RI dengan menyelenggarakan perlombaan sederhana, Bandarlampung, Senin 17/8/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah warga Kota Bandarlampung merayakan HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kesederhanaan, di tengah pandemi COVID-19. 

"Suasana perayaan HUT RI tahun ini sedikit berbeda dari pada tahun sebelumnya, karena ada pandemi COVID-19, sebab saat ini banyak warga yang tidak mengadakan perlombaan serta memilih merayakan bersama anggota keluarga di rumah," ujar salah seorang warga Bandarlampung, Illa, di Bandarlampung, Senin. 

Ia mengatakan, perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI banyak dirayakan secara sederhana oleh sejumlah warga di Bandarlampung. 

"Perayaan lebih sederhana tahun ini, dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, kebetulan saya tinggal di wilayah Sukarame dan satu komplek semua keluarga besar sehingga kami membuat perlombaan sederhana bagi keponakan, dan menutupnya dengan makan bersama," katanya. 

Hal senada juga dikatakan oleh Iqsal salah seorang warga Bandarlampung. 

"Tahun ini kami menunda lomba-lomba yang mengumpulkan keramaian, sebab pandemi COVID-19 belum usai terlebih lagi ada penambahan kasus," ujar Iqsal. 

Menurutnya, tidak semua warga menunda kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, sejumlah warga ada pula yang tetap merayakan namun dengan lebih sederhana. 

"Di kampung lain mungkin ada yang merayakan, tetapi banyak yang memilih meniadakan lomba dan diganti dengan makan bersama di rumah, kita merayakan perjuangan para pahlawan dengan sederhana tapi tetap bermakna," katanya. 

Berdasarkan pantauan, di sejumlah perkampungan dan lingkungan pemukiman di sekitar wilayah Teluk Betung, Kota Bandarlampung tidak ditemukan kerumunan dan riuh riang masyarakat yang menggelar perlombaan dalam rangka merayakan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di ruas jalan protokol ataupun lingkungan rumah. 

Banyak masyarakat yang memilih merayakan dan memaknai HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyaksikan tayangan pengibaran bendera dan detik-detik Proklamasi melalui televisi ataupun siaran langsung di kanal YouTube.