Objek wisata pantai Lampung butuh truk sampah

id sampah wisatawan,truk sampah,pantai lampung

Objek wisata pantai Lampung butuh truk sampah

Pengelola objek wisata pantai Lampung sediakan tong sampah guna menanggulangi berserakannya sampah wisatawan, Pesawaran, Senin 25/11/2019 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandar Lampung (ANTARA) - Salah seorang pengelola wisata pantai di Lampung mengeluhkan belum tersedianya truk pengangkut sampah bagi objek wisata di pesisir Teluk Lampung. 

"Di Lampung rata-rata objek wisata yang ditawarkan adalah wisata pantai, dan kami pengelola telah berupaya menjaga kebersihan pantai agar layak di datangi pengunjung," ujar April pengelola objek wisata pantai di Pesawaran, Lampung, Senin.

Menurutnya, untuk mengantisipasi tumpukan sampah dari wisatawan, pihak pengelola telah melakukan berbagai upaya, salah satunya menyediakan petugas kebersihan dan mengupayakan pengadaan truk sampah.

"Kami sudah sediakan petugas kebersihan, untuk membersihkan sampah setiap pagi dan malam, kami juga telah menyediakan tempat sampah di beberapa titik," ujarnya.

Menurut April,upaya untuk menjaga kebersihan pantai dari sampah kurang maksimal sebab belum ada armada truk sampah yang dikirimkan khusus untuk menampung sampah wisatawan.

"Jika hari libur panjang, warga Lampung akan memadati objek wisata pantai dan sampah pasti menumpuk. Namun terkadang kami bingung harus dibuang kemana karena tidak ada truk sampah yang mengangkut," ujarnya.

Menurutnya, bila sampah wisatawan telah menumpuk pihak pengelola akan membuang langsung ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir), atau akan membakar sampah tersebut.

"Karena rata-rata objek wisata pantai ini belum mendapatkan armada truk sampah untuk membuang sampah wisatawan, kami biasanya akan membuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir)secara mandiri atau bila terpaksa kami akan membakar sampah tersebut agar tidak mengotori pantai," ujarnya. 

Menurut April, dengan banyaknya objek wisata pantai yang ada di Lampung dirinya berharap di sediakan armada truk sampah agar sampah wisatawan tidak mencemari lingkungan dan dapat menjaga keindahan pantai.

Baca juga : Wagub Lampung tinjau Teluk Lampung yang penuh sampah

 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar