Senegal tunjuk pelatih baru, panggil raksasa debutan Celtics

id tacko fall,moustapha gaye,timnas basket senegal,piala dunia fiba

Senegal tunjuk pelatih baru,  panggil raksasa debutan Celtics

Pebasket raksasa Tacko Fall (55) saat membela Boston Celtics dalam turnamen pramusim NBA Summer League di Las Vegas, Amerika Serikat, Senin (8/7/2019). (twitter.com/nba)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Senegal menunjuk pelatih kepala baru yakni Moustapha Gaye yang segera memanggil 24 pemain untuk disaring menyongsong putaran final Piala Dunia FIBA 2019 termasuk debutan Boston Celtics, Tacko Fall.

Fall yang tak direkrut dalam rangkaian NBA Draft 2019 akhirnya dikontrak oleh Celtics menyusul penampilannya di turnamen pramusim NBA Summer League dengan rataan 7,2 poin, 4 rebound, 1,4 blok serta memimpin akurasi tembakan terbuka 77 persen.

Pebasket bertinggi badan 231 sentimeter itu bukan satu-satunya nama baru yang dipanggil Gaye, ia juga mengundang pemain bertinggi 220 sentimeter Youssoupha Fall di antara nama-nama senior yang sebelumnya mengantarkan Senegal lolos dari kualifikasi zona Afrika.

Jika keduanya bisa masuk dalam 12 pemain roster final Senegal, bukan tak mungkin mereka bakal jadi tim dengan rata-rata postur badan tertinggi di China nanti.

Gaye juga memanggil Amar Sylla dan Birame Faye yang baru saja selesai membela Senegal dalam Piala Dunia FIBA U19 2019 dengan rataan kombinasi 31 poin dan 19 rebound per gim.



Gaye menjadi penunjukkan mendadak bagi Senegal setelah sebelumnya mereka menunjuk Abdourrahmane Ndiyae, yang batal karena ketidakcocokan dengan federasi basket setempat.

Gaye selama ini lebih dikenal mengasuh pembinaan bola basket putri di Senegal termasuk menjuarai Piala FIBA Afrika Putri 2009 dan 2015 serta mendampingi mereka lolos ke Piala Dunia FIBA Putri 2010 dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil.

Berikut 24 nama yang dipanggil dalam roster sementara Senegal oleh Gaye:

Adama Louis Adams, Alkaly Mamadou Ndour, Antoine Mendy, Babacar Toure, Babacar Diallo, Birahim Gaye, Birame Faye, Cheikh Mbodj, Clevin Hannah, Djibril Thiam, Gorgui Dieng, Hamady Ndiaye, Ibrahima Fall Faye, Mamadou Lamine Diop, Maurice Ndour, Moise Diame, Mouhammad Faye, Omar Sylla, Papa Abdou Karim Kebe, Tacko Fall, Thierno Niang, Yousshoupha Fall, Youssoupha Ndoye