Sispala-Wanacala Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Pelajar

id Sispala-Wanacala Gelar Pendidikan LH, Pendidikan LH Sekolah, Sispala dan Wanacala

Sispala-Wanacala Gelar Pendidikan Lingkungan Hidup Pelajar

Pendidikan Lingkungan Hidup bagi pelajar yang digelar Sispala bersama LSM Wanacala, di Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (2/3). (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Lampung Selatan (Antaranews Lampung) - Siswa Pecinta Alam Lingkar Generasi Hijau (Sispala LGH) SMA Ma`arif 1 Sukatani Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan bersama LSM Wanacala menggelar pendidikan lingkungan hidup bagi pelajar setempat.

Lilis Kurniasih, Ketua Sispala LGH SMAM SAKA, didampingi Sekretaris Murnawati, di Kalianda, Jumat (2/3), menyatakan dalam pertemuan pendidikan lingkungan hidup (PLH) itu bahwa lingkungan yang kita tempati ini sedang sakit, sehingga perlu kepedulian generasi penerus untuk menanganinya.

"Saat ini sering terjadi bencana banjir, longsor, gempa, dan lain lain, ini adalah peringatan kepada kita semua bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang atas lingkungan hidup yang kita tempati," ujar dia pula.

Menurutnya, dalam PLH untuk pelajar SMP ini, diberikan materi tentang sampah, bercocok tanam organik, kompos, daur sampah dan pembibitan.

Pelaksanaan PLH itu didampingi oleh LSM Wanacala Lampung yang sudah bekerjasama hampir dua tahun ini. "Kami di Sispala akan menargetkan untuk mendampingi sekolah-sekolah yang telah direncanakan untuk pelaksanaan PLH dengan narasumber dari Wanacala Lampung," katanya lagi.

Sispala LGH SMAM Saka didirikan pada tahun 2016 dan fokus melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup dan pelestarian alam di sekolah maupun luar sekolah, seperti melakukan gotong royong bersih sampah, pembibitan, penanaman, pendakian, bersih sampah di jalur pendakian dan mebuat ekobrick. "Sispala LGH SMAM SAKA ini ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan hidup," katanya pula.

Pihaknya pada tahun 2018 ini ingin mengajak semua pelajar di SD dan SMP untuk juga berkontribusi menyelamatkan lingkungan hidup saat ini sedang sakit.

Awal Februari 2018 ini, Sispala melayangkan 15 surat audiensi penyelenggaraan PLH ke SMP di Kabupaten Lampung Selatan, namun baru lima sekolah yang mengagendakan pertemuan dan tindaklanjut pelaksaanaan PLH.

Pada Jumat ini merupakan pelaksanaan perdana pengenalan PLH di SMPN Satu Atap 1 Kalianda, Lampung Selatan. Selanjutnya pada Sabtu (3/3) diagendakan PLH ke-2 di SMPN 2 Satu Atap Kalianda, dan sekolah lain sedang mengagendakan agar kegiatannya tidak berbenturan dengan sekolah lain.

Hermansyah, Pengurus Harian Wanacala Lampung menyampaikan kepada pihak sekolah, untuk menjadi dampingan Wanacala harus dibentuk lebih dulu organisasinya seperti membentuk Sispala di SMP agar terarah dalam berkegiatan.

Dia berharap banyak kader-kader yang cinta terhadap lingkungan hidup untuk mengingatkan kita semua atas kelalaian mengemban amanah yaitu menjaga lingkungan dalam keadaan seimbang.

Kegiatannya kami berharap mendapat dukungan dari sekolah-sekolah dan pihak lain, agar semuanya saling menguatkan dalam kegiatan ini.