Peringati Kemerdekaan di Gunung Rajabasa

id Peringati Kemerdekaan di Gunung Rajabasa, Kemerdekaan di Gunung Rajabasa, Gunung Rajabasa, Wanacala, Sispala

Aktivis dan pelajar di Lampung Selatan memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Bangsa Indonesia di puncak Gunung Rajabasa. (FOTO: ANTARA Lampung/Ist)

Lampung Selatan (ANTARA Lampung) - Perkumpulan Wanacala Lampung yaitu lembaga pemuda berwawasan lingkungan bekerjasama dengan Sispala LGH SMA Ma'arif 1 Sukatani, Kalianda menggelar rangkaian kegiatan pendakian, bersih gunung, diskusi lingkungan hidup dan upacara pengibaran merah putih di Puncak Gunung Rajabasa, Lampung Selatan.

Menurut Hermansyah, Pengurus Wanacala sekaligus pembina Sispala, di Lampung Selatan, Kamis (17/8), rangkaian kegiatan itu digelar dalam rangka peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Kegiatan tersebut didukung oleh KPH XIII Gunung Rajabasa-Way Pisang-Batu Serampok sekaligus menyerahkan bibit dan melepa peserta di Desa Sumur Kumbang pada Rabu (16/8).

Peserta yang terlibat dalam kegiatan ini, antara lain Wanacala Lampung, KPH XII, Walhi Lampung, Sispala LGH Ma'arif SMA Ma'arif 1 Sukatani, Sispala SMKN 2 Kalianda, Risel Sumur Kumbang dan Gabungan Kelompok Pecinta Alam di Kalianda. Peserta yang ikut serta kurang lebih 80 orang.

Dalam kegiatan itu, dilakukan penyerahan 500 bibit pohon penghijauan oleh Wahyudi Kurniawan dari KPH XII, dan peserta menanamnya di sepanjang jalur pendakian dan pada wilayah kritis.

Wahyudi Kurniawan menyampaikan bahwa Gunung Rajabasa ini adalah tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya. "Gunung Rajabasa adalah sumber air yang patut kita jaga, sehingga pohon yang kita tanam adalah tidak ternilai pahalanya sepanjang tumbuh berkembang dapat dinikmati oleh semua makhluk yang diciptakan Allah SWT, dan jangan buang sampah di wilayah Gunung Rajabasa," katanya lagi.

Rangkaian kegiatan itu digelar sejak 15 Agustus hingga 17 Agustus 2017 sebagai salah satu bentuk kepedulian para generasi penerus terhadap Gunung Rajabasa sekaligus pendidikan lingkungan hidup bagi Sispala di sekolah.
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar