BI Konsen Berikan Informasi Digital Terkait Ekonomi

id diah nastiti buka pelatihan wartawan bi

BI Konsen Berikan Informasi Digital Terkait Ekonomi

Asisten Gubernur Bank Indonesia Dyah Nastiti membuka secara resmi Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia tahun 2017. (Jason/Antara)

...Kebijakan pembayaran elektronik jalan tol, bantuan sosial secara tunai dan lain-lain, dapat diketahui secara cepat melalui informasi digital, kata Dyah...
Jakarta  (ANTARA LAMPUNG) - Bank Indonesia konsen memberikan informasi secara digitalisasi terkait perekonomian untuk memberikan informasi kepada masyarakat menyangkut kebijakan BI.

"Kebijakan pembayaran elektronik jalan tol, bantuan sosial secara tunai dan lain-lain, dapat diketahui secara cepat melalui informasi digital," kata Asisten Gubernur BI Dyah Nastiti ketika membuka Pelatihan Wartawan Daerah Bank Indonesia 2017 di Jakarta, Senin.

 Karena itu, lanjutnya, BI berupaya? memberikan komunikasi digital untuk menyebarluaskan informasi terkait kebijakan moneter, inflasi, dan lainnya.

Menurutnya, perekonomian pasti akan terus bergulir, sehingga perlu ada informasi yang akurat untuk disampaikan, apalagi di era digital.

"Kami sejak dahulu menangkap itu, apalagi Gubernur BI telah melakukan transformasi sejak 2014," jelasnya.

 Di sisi lain, lanjutnya, penyampaian informasi dilakukan BI lebih singkat dan padat, informasi yang mendalam dan tajam, termasuk pemilihan fitur maupun gambar.

Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan komunikasi dari bank sentral kepada masyarakat tidak terlepas dari peran media yang mentransmisikan kebijakan sehingga dapat diterima dan dipahami pelaku usaha dan masyarakat.

Untuk itu pihaknya juga berperan dalam memberikan pemahaman terutama menyangkut fungsi BI sebagai otoritas moneter, menjalankan sistem pembayaran serta menjaga stabilitas sistem keuangan.

Salah satu upaya BI dalam meningkatkan pemahaman media yakni dengan melakukan pelatihan kepada awak media terutama menyangkut fungsi bank sentral itu.

Sejumlah topik dibahas dalam diskusi terkait pengendalian inflasi daerah, perkembangan kebijakan dan sistem pembayaran menyangkut gerakan nasional nontunai, serta tugas BI lainnya.

Rangkaian kegiatan pelatihan wartawan daerah 2017 yang diikuti 580 jurnalis itu berlangsung selama tiga hari, 20-22 November 2017 juga dihadiri beberapa nara sumber di antaranya, Deputi Kementerian Perekonomian RI Iskandar Simorangkir, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan beberapa nara sumber lainnya.

(ANTARA)