Mangrove ternyata bisa dikonsumsi

id Mangrove, hutan bakau, pelestarian lingkungan

Mangrove ternyata bisa dikonsumsi

Buah pohon bakau jenis Sonneratia alba (en.wikipedia.org)

Bengkulu (Antara Lampung) - Anggota Komunitas Mangrove Bengkulu berhasil mengolah lima jenis mangrove menjadi berbagai jenis makanan dan mulai dikenalkan kepada masyarakat luas.
         
"Ada lima jenis mangrove yang sudah kami olah menjadi bahan makanan dan berharap ini menjadi bagian dari kampanye pelestarian mangrove," kata Koordinator Komunitas Mangrove Bengkulu, Riki Rahmansyah, di Bengkulu, Senin.
         
Ia mengatakan lima jenis mangrove yang sudah diolah anggota komunitas menjadi berbagai penganan antara lain Sonneratia alba dan Sonneratia caseolaris atau biasa disebut buah bintang, Brugueira gymnorhyza atau tancang, Acanthus ilicifolius atau disebut daun jeruju dan buah nipah (Nypa fruticans).
         
Jenis Sonneratia sp, kata Riki, sudah dicoba diolah menjadi berbagai jenis makanan antara lain dodol, onde-onde, dan sirup. Sedangkan buah nipah dapat dijadikan manisan, daun jeruju menjadi bahan makanan dan minuman antara lain peyek dan cendol.
         
"Sedangkan jenis tancang dapat diolah menjadi tepung dan dijadikan berbagai makanan, seperti kerupuk dan lainnya," kata dia.

ANTARA