Clinton menang mudah ? Jangan terlalu yakin

id AS, Pilpres AS, Clinton

Clinton menang mudah ? Jangan terlalu yakin

Hillary Clinton (politico.com)

Chilmark (Antara/Reuters) - Mengaku lelah membicarakan Donald Trump, Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin meminta Partai Demokrat untuk tidak telalu terlalu yakin dengan peluang kemenangan Hillary Clinton dalam pemilu presiden November mendatang.
         
Obama, yang tengah berlibur selama dua pekan di sebuah pulau dekat Massachusetts, menyampaikan hal tersebut di tengah acara penggalangan dana untuk Clinton, calon presiden Partai Demokrat yang diharapkan akan menggantikannya.
         
Saat ini Hillary Clinton mengungguli Trump dalam sejumlah jajak pendapat. Selain itu, tim kampanye calon Partai Republik tengah mengalami kesulitan membela pernyataan kontroversial Trump yang dinilai menghina orang tua kandung tentara Muslim-Amerika Serikat yang tewas di Irak.
         
Posisi Trump juga semakin sulit akibat tudingannya bahwa Obama adalah pendiri kelompok bersenjata ISIS.
         
Di tengah situasi keunggulan Clinton tersebut, Obama mengingatkan agar Demokrat memertahankan kewaspadaan sampai pada hari pemungutan suara 8 November mendatang.
         
"Jika kita tidak waspada sampai hari pemungutan suara, kita akan membuat kesalahan besar," kata Obama di depan sekitar 60 donor yang menyumbangkan masing-masing 10.000 dolar AS (atau sekitar Rp. 130 juta) untuk menghadiri acara penggalangan dana di sebuah rumah warga di pulau tempat Obama berlibur.