"Sponge and Dough" Rahasia roti manis Jepang

id Sponge and Dough Rahasia roti manis Jepang

Jakarta (ANTARA Lampung) - Ahli roti Zainal Arifin mengatakan rahasia untuk membuat roti manis ala Jepang yang saat ini digemari terletak pada bahan dan metode pembuatan yang dikenal dengan "sponge and dough".

"Roti biasa dan roti Jepang ini beda. Kalau roti Jepang lebih cenderung berani untuk menggunakan bahan yang lebih bagus. Metode pembuatan adonannya lebih banyak menggunakan 'sponge and dough' sedangkan roti biasa lebih menggunakan 'straight dough'," ujar Zainal di Jakarta, Sabtu.

Metode "sponge and dough" adalah proses pembuatan roti dengan dua kali pengadukan atau dikenal pembuatan roti metode biang. Sementara metode "Straight Dough" adalah teknik pembuatan roti dengan waktu fermentasi sebentar.

Agar menghasilkan roti yang sempurna dan mengembang, lanjut dia, saat adonan sudah jadi perlu diistirahatkan terlebih dahulu sekitar 10 menit.

"Sebaiknya tutup adonan cukup dengan plastik bening agar udara tidak masuk. Justru, jangan menutupnya dengan serbet basah, karena adonan memiliki suhu yang panas dan serbet suhunya dingin sehingga bisa menarik air dan menghasilkan adonan yang kering," tambah dia.

Roti manis ala Jepang merupakan roti yang digemari saat ini dengan variasi bentuk yang unik dan beragam. Untuk mendapatkannya hanya di kios roti kelas premium di Jakarta. Harganya pun bervariasi dan cukup mahal.

"Padahal, masyarakat bisa membuatnya sendiri karena sebenarnya bahan-bahanya mudah didapat," kata dia.
 
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar