Dishub Lampung imbau pemudik motor jaga keselamatan berkendara

id Pemudik motor, arus mudik lampung, keselamatan pengendara, dishub lampung

Dishub Lampung imbau pemudik motor jaga keselamatan berkendara

Ilustrasi- Pemudik sepeda motor pada periode mudik Lebaran 2023. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Gunakan helm standar, dan selalu periksa kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalanan untuk tetap menjaga keselamatan saat berkendara
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Lampung mengimbau pemudik motor di daerahnya untuk tetap menjaga keselamatan berkendara saat melakukan perjalanan di periode mudik Lebaran 2024.

"Menggunakan sepeda motor ini cukup berisiko, sehingga Kementerian Perhubungan pun sudah mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum selain sepeda motor untuk mudik," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo di Bandarlampung, Sabtu.
 
Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang sudah terlanjur melaksanakan perjalan mudik Lebaran 2024 dengan menggunakan sepeda motor untuk tetap memperhatikan keselamatan berkendara.
 
"Gunakan helm standar, dan selalu periksa kondisi sepeda motor sebelum melakukan perjalanan untuk tetap menjaga keselamatan saat berkendara," katanya.
 
Dia menjelaskan beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah kondisi cuaca serta kondisi kesehatan saat hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024.

"Lalu bila dalam keadaan lelah sebaiknya segera menepi ke pinggir jalan ataupun mencari posko terdekat untuk beristirahat agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan," ucap dia.
 
Menurut dia, bagi masyarakat pun sebaiknya bisa memanfaatkan program mudik gratis ataupun menggunakan moda transportasi lain, bila kondisi cuaca tidak dalam keadaan baik saat periode mudik Lebaran kali ini.
 
"Kondisi cuaca kadang kurang baik karena sering hujan dengan intensitas cukup deras, dan kalau memang berisiko pada mudik kali ini bisa menggunakan moda transportasi lain selain sepeda motor atau ikut program mudik gratis," tambahnya.

Dikatakan, selama periode mudik Lebaran 2024 para pemudik motor dapat terus memperhatikan keselamatan berkendara agar mudik bisa berjalan dengan aman dan lancar.
 
"Harapannya semua bisa berjalan lancar, aman. Sebab sarana prasarana dan berbagai fasilitas sudah disiapkan untuk menjaga periode mudik Lebaran 2024 bisa berjalan dengan baik," ujar dia lagi.