Kampanyekan Ganjar-Mahfud, PDIP Metro gelar pasar murah

id Ganjar-mahfud

Kampanyekan Ganjar-Mahfud, PDIP Metro gelar pasar murah

Masyarakat membeli sembako di pasar sembako murah yang dilaksanakan oleh DPC PDIP Metro. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kota Metro menggelar pasar murah di Jalan Flores, Kelurahan Ganjar Agung, Kecamatan Metro Barat, Sabtu (6/1). Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan hari jadi ke-51 PDI Perjuangan sekaligus mengkampanyekan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Ketua Dewan Pemimpin Cabang (DPC) PDI-P Kota Metro, Anna Morinda mengatakan, dalam kegiatan itu pihaknya telah menyiapkan 500 paket sembako tebus murah. Dimana, dalam satu paket sembako tersebut berisi empat bahan pangan. Warga dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan.

"Hari ini kita sediakan 500 paket dalam pasar murah ini. Dalam satu paket sembako itu ada beras, ada minyak, ada gula dan ada telur. Kita tidak memaksakan orang untuk belanja dalam satu paket semua, tapi sesuai dengan kebutuhan yang mereka perlukan," katanya.

"kegiatan ini juga merupakan rangkaian peringatan HUT PDI Perjuangan  dan juga kampanye Ganjar-Mahfud capres nomor 3," imbuhnya.

Menurutnya, masyarakat sangat antusias menyambut pasar murah PDI Perjuangan ini yang terlihat dari ramainya warga yang didominasi kaum ibu.

"Seperti yang teman-teman bisa lihat bahwa antusias masyarakat sangat ramai banget ya, memang kita atur waktunya supaya tidak lebih dari 100 orang dalam 30 menit kemudian 30 menit lagi berangsur sampai nanti selesai," ujarnya.

Anna menjelaskan, pasar murah PDI Perjuangan ini sebagai wujud bakti partai berlambang banteng tersebut dalam meringankan beban masyarakat.

"Intinya adalah dalam peringatan HUT PDI Perjuangan yang ke-51 ini, kita ingin memberikan perhatian kepada masyarakat yang mungkin hari ini lagi kesulitan dengan stok sembako yang harganya mahal dan lain-lain. Jadi kita ingin memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat," paparnya.

Pasar murah yang perdana di gelar PDI perjuangan di wilayah Kelurahan Ganjar Agung tersebut, nantinya bakal merambah seluruh kelurahan yang ada di Bumi Sai Wawai.

"Jadi masyarakat yang datang ke pasar murah ini khusus warga Kelurahan Ganjar Agung. Nantinya kita akan tour ke kelurahan kelurahan yang lain yang ada di Metro dan puncaknya nanti pada tanggal 10 kita akan laksanakan pasar murah di Sekretariat DPC PDIP Perjuangan," terangnya.

Selain itu, puncak kegiatan pasar murah di tingkat Kota Metro akan berlangsung pada 10 Januari 2024 di Sekretariat DPC PDIP Perjuangan Kota Metro.

"Dalam kegiatan itu nantinya akan melibatkan seluruh masyarakat kota metro dan kita akan siapkan stok yang lebih banyak. Untuk rangkaiannya setelah kita melakukan upacara peringatan HUT PDI Perjuangan ke-51, kita akan buka bazar murah di sana," bebernya.

"Untuk di sana nanti setidaknya sudah kami siapkan 1000 paket sembako yang ready dan itu dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan harga yang murah," pungkasnya.

Woro salah satu warga setempat mengaku bersyukur atas hadirnya pasar murah PDI Perjuangan ini. Ia mengaku telah berhemat hingga puluhan ribu rupiah untuk belanja mingguan.

"Saya belanja lengkap satu paket, ada gula ada minyak ada telur dan ada juga beras. Ya alhamdulillah harganya lebih murah dibandingkan di pasar, yang jelas saya merasa diuntungkan dengan pasar murah ini," katanya.

Diketahui, DPC PDI-P Kota Metro menjual 500 paket sembako dengan metode tebus murah. Paket sembako tersebut berisi empat item bahan pangan yang terdiri atas beras, gula, telur dan minyak goreng.

Yang mana pada bahan pangan beras dijual dengan harga Rp.54.500 per 5 kilogram. Harga ini masih di bawah harga pasar yang  masih di bandrol Rp 68 Ribu per 5 kilogram.

Untuk minyak goreng kemasan bermerk dijual seharga Rp. 13.600 per liter sedangkan harga pasaran yaitu Rp.17 ribu per liter.

Lalu, untuk telur dijual seharga Rp.23 ribu per kilogram, hemat sebanyak Rp.6 ribu dari harga pasaran Rp.29 ribu. Terakhir ialah gula premium kemasan yang dijual seharga Rp.16.500 per kilogram dari harga di pasaran Rp.18 ribu per kilogram.