Polres Mukomuko Bengkulu gelar tes urine sopir jelang mudik

id Mukomuko ,Mudik lebaran ,Tes urine ,Narkoba

Polres Mukomuko Bengkulu gelar tes urine sopir jelang mudik

Polres Mukomuko bersama Dinas Perhubungan melakukan inspeksi mendadak sekaligus melakukan tes urine dan kesehatan sopir bus dan travel di Mukomuko, Bengkulu, Jumat (7/4/2023). ANTARA/HO-Polres Mukomuko

Kami juga memberikan vitamin kepada pengemudi bus dan mobil travel agar mereka tidak mengantuk pada saat mengendarai kendaraan saat mudik, ujarnya
Mukomuko (ANTARA) -
Polres Mukomuko, Bengkulu, bersama Dinas Perhubungan setempat melakukan tes urine terhadap belasan sopir bus dan mobil travel di sejumlah loket kendaraan guna mengantisipasi adanya pengemudi mengonsumsi narkoba yang dapat membahayakan penumpang.
 
"Tes urine sopir ini menyasar 10 mobil travel, satu mobil Damri, dan mobil minibus pengangkut penumpang. Kegiatan ini bagian operasi menjelang mudik Lebaran," kata Kasat Lantas Polres Mukomuko AKP Fery Oktaviari Pratama di Mukomuko, Jumat.
 
Fery Oktaviari mengatakan belasan sopir kendaraan angkutan penumpang dari dalam dan luar daerah ini yang menjalani tes urine tersebut ada yang berdomisili di daerah ini dan yang melintas di daerah ini.
 
Polres setempat selain melakukan tes urine terhadap sopir bus, termasuk kesehatan sopir mobil travel serta safety belt (sabuk pengaman) untuk keselamatan berkendara di jalan selama memasuki liburan Lebaran
 
Ia menuturkan pihaknya juga melakukan pemeriksaan kondisi kelayakan kendaraan umum yang mengangkut penumpang saat mudik Lebaran 2023.
 
"Kami juga memberikan vitamin kepada pengemudi bus dan mobil travel agar mereka tidak mengantuk pada saat mengendarai kendaraan saat mudik Lebaran sekarang ini," ujarnya.
 
Dari hasil pemeriksaan tersebut, kata dia, semua sopir bus dan mobil travel bebas dari narkoba, semua sopir dalam kondisi sehat dan mobil layak jalan.
Kalau ada sopir bus dan mobil travel yang positif narkoba, lanjut dia, akan ditangani sesuai dengan aturan yang berlaku atau diserahkan penanganannya ke satuan narkoba.

Setelah itu, institusinya berencana menggelar kembali tes urine sopir pada saat Operasi Ketupat Nala pada 18 April 2023.

Dikatakannya petugas akan disebar di sejumlah pos pengamanan dan pelayanan mudik dan balik Lebaran 1444 Hijriah.