Cegah aksi premanisme jelang Ramadhan, Polsek Seputih Surabaya patroli jalan kaki di sejumlah pasar

id Cegah aksi premanisme, jelang Ramadhan, Polsek Seputih Surabaya, Lampung Tengah,patroli jalan kaki di sejumlah pasar

Cegah aksi premanisme jelang Ramadhan, Polsek Seputih Surabaya patroli jalan kaki di sejumlah pasar

Kolsek Seputih Surabaya Polres Lampung Tengah Iptu Y. Budi Santoso (kedua kiri) memimpin pelaksanakan patroli gabungan  dalam rangka menjaga Harkamtibmas menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H (ANTARA/HO)

Lampung Tengah (ANTARA) - Kapolsek Seputih Surabaya Polres Lampung Tengah Iptu Y. Budi Santoso memimpin patroli gabungan dalam rangka menjaga Harkamtibmas menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H, untuk mencegah aksi premanisme seperti pungli, pemalakan maupun kejahatan lainnya. 


Kapolsek mengatakan, patroli gabungan ini melibatkan Instansi terkait seperti TNI Koramil Seputih Surabaya, Brimob dan Pol PP untuk menyisir ke pasar-pasar, tepatnya di pasar Pemda dan Pasar Kampung Gaya Baru I guna memastikan tidak ada preman serta pemalakan yang kerap meresahkan masyarakat.

“Kami pastikan keamanan untuk para pedagang dan pembeli aman dari aksi premanisme sekaligus untuk memastikan tersedianya 9 bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H," ujar Y. Budi Santoso, di Lampung Tengah, Selasa. 

Lebih lanjut Kapolsek menambahkan, patroli gabungan tersebut dilakukan dengan berjalan kaki, bersama Danramil Seputih Surabaya.

Dalam patroli tersebut, pijaknya turut memberikan imbauan kepada sales serta para pedagang, salah satunya pemilik toko emas untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Apabila ada preman yang melakukan pemalakan, pemerasan maupun kejahatan lainnya, agar segera dilaporkan kepada pihak kepolisian,” imbau Kapolsek.

Budi menegaskan, upaya ini dilakukan sebagai wujud sinergitas dalam mendukung pelaksanaan Operasi Cempaka Krakatau 2023 guna meminimalkan terjadinya gangguan kamtibmas terhadap segala bentuk penyakit masyarakat (pekat), seperti mencegah agar tidak ada celah bagi preman yang mengganggu aktivitas baik para sales, pedagang maupun pembeli, selama Bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri nanti. 

"Ini kita lakukan agar tidak ada lagi celah bagi para preman untuk mengganggu, aktivitas warga dan pedangang di pasar. Terutama pada pemberantasan aksi premanisme, kejahatan jalanan hingga kasus-kasus lainnya seperti curat, curas dan curanmor (C3)," tegasnya.

Ia mengharapkan seluruh elemen masyarakat dapat turut serta membantu pihak kepolisian dalam menciptakan situasi kamtibmas yang tetap aman, nyaman dan kondusif di wilayah masing-masing khususnya di wikayah hukum Polres Lampung Tengah.

"Peran serta masyarakat juga diperlukan agar terciptanya suasana kondusif di Wilayah hukum Polres Lampung Tengah dan khususnya wilayah Seputih Surabaya," pungkasnya.