Itera jalin kerja sama dengan BSI luncurkan program Wakaf IPTEK

id Itera,Lampung,Bnadarlampung,Institut teknologi sumatera

Itera jalin kerja sama dengan BSI luncurkan program Wakaf IPTEK

Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha (,putih), bersama Direktur wakaf dan digital platform BSI Maslahat Rizki Oktaviansyah (dua dari kiri) dan Area Manager BSI Lampung Dede Irawan Hamzah (baju hijau) saat menandatangi kerjasama program WAKAF IPTEK. Lampung Selatan, Lampung, (14/3/2023)? (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI) meluncurkan program Wakaf Iptek guna menuju kemandirian kampus.

"Kami mencoba menjalin kerja sama dengan BSI terkait Wakaf, nantinya dana yang terkumpul ini bisa untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan kemandirian Itera," kata Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, di Lampung, Selasa.

Rektor optimistis program Wakaf Iptek ini bisa berjalan dengan baik, sebab melihat gairah masyarakat Lampung dari segi keagamaan cukup tinggi.

Menurutny, dalam menciptakan suasana kehidupan umat ataupun masyarakat yang maju dan modern sesuai dengan perkembangan zaman, tentu dibutuhkan inovasi-inovasi teknologi guna mendukung kehidupan berbangsa dan bernegara dan program Wakaf Iptek ini merupakan salah satu upaya guna mencapai hal tersebut.

"Namun, memang yang perlu disadari oleh masyarakat bahwa berwakaf iptek ini juga tidak kalah pahalanya sehingga hemat saya nilai pahalanya pun tidak kalah dengan berwakaf secara konvensional," kata dia.

Rektor juga meyakini bahwa program Wakaf Iptek ini akan berkembang dengan cepat dengan strategi yang inovatif.

"Nanti yang berwakaf banyak kami akan abadikan  namanya di infrastruktur Itera. nanti akan kami  atur sehingga menumbuhkan orang-orang yang ingin berwakaf," kata dia.

Direktur wakaf dan digital platform BSI Maslahat Rizki Oktaviansyah pun mengapresiasi ide dari Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, terkait program Wakaf Iptek ini.

"Ini merupakan inisiatif yang bagus dari Itera. Kerja sama ini adalah yang pertama kali dalam hal pengembangan riset di perguruan tinggi, tentu hal ini sebuah kegiatan yang positif," kata dia.

Dia pun mengungkapkan bahwa wakaf sendiri punya tujuan dan manfaat yang jauh lebih besar, tidak hanya untuk kegiatan yang bersifat ibadah tapi juga sosial seperti pengembangan SDM dan lainnya.

"Jadi kami ada kemitraan dan program Wakaf Iptek ini akan kami sosialisasikan secara luas dan di ekosistem nasabah BSI," katanya.

Area Manager BSI Lampung Dede Irawan Hamzah menambahkan bahwa kelebihan perbankan syariah daripada konvensional yakni bisa bekerjasama dalam.bidang wakaf.

"Wakaf uang ini bisa dilakukan oleh siapa dan pahalanya pun akan terus mengalir apabila nilai pokoknya masih ada dan dimanfaatkan dengan tujuan baik. Di Lampung kerjasama ini adalah yang pertama dengan Itera," kata dia.