Pj. Bupati Pringsewu hadiri penilaian lomba pekon di Sukamulya

id lampung, pringsewu, pemkab, kabupaten, daerah

Pj. Bupati Pringsewu hadiri penilaian lomba pekon di Sukamulya

Pj. Bupati Pringsewu hadiri penilaian lomba pekon di sukamulya (ANTARA/HO-Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menghadiri acara klarifikasi dan penilaian Lomba Pekon (Desa) Tingkat Kabupaten Pringsewu 2023 di Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Senin (13/3/23).

 Adi Erlansyah dalam sambutannya mengatakan Lomba Pekon diselenggarakan berdasarkan Peraturan Mendagri No.81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

"Peserta Lomba Pekon ini diikuti sembilan pekon dari sembilan kecamatan, dimana setiap kecamatan telah memilih satu pekon terbaik untuk diikutsertakan, yakni pekon berkembang berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilakukan di setiap pekon," katanya.

Adi Erlansyah juga menyampaikan bahwa Lomba Pekon ini bertujuan untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong pemerintah pekon bersama masyarakat untuk menggali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah pekonnya.

"Serta untuk mengetahui capaian yang ada di pekon selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat pekon pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan, disamping sebagai bentuk apresiasi pemerintah berupa penghargaan kepada pemerintah pekon atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan menyejahterakan pekon, berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan," jelasnya.