Di Bandarlampung ada 15 puskesmas dengan layanan rawat inap

id puskesmas bandarlampung,puskesmas rawat inap,pelayanan kesehatan

Di Bandarlampung ada 15 puskesmas dengan layanan rawat inap

Puskesmas yang menyediakan layanan rawat inap di Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung. (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Kota Bandarlampung di Provinsi Lampung kini telah memiliki 15 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dengan layanan rawat inap.

"Dengan menambah dua pelayanan rawat inap di puskesmas ini, sehingga total puskesmas di Bandarlampung yang sudah memberikan layanan rawat inap sebanyak 15," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Desti Mega Putri di Bandarlampung, Rabu.

Ia menambahkan, layanan rawat inap sekarang juga disediakan di puskesmas yang ada di daerah Sukabumi dan Kampung Sawah guna mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Dengan demikian, ia melanjutkan, layanan rawat inap kini tersedia di 15 dari total 31 puskesmas yang tersebar di 20 kecamatan di Kota Bandarlampung.

Ia menjelaskan, Dinas Kesehatan menambah jumlah tenaga kesehatan (nakes) dan sarana pendukung pelayanan di puskesmas-puskesmas yang menyediakan layanan rawat inap.

"Di Puskesmas Waylaga sekarang ada 34 nakes, nanti ditambah 11, kemudian di Puskesmas Kampung Sawah akan kami tambahkan lima nakes sehingga nanti di sana akan ada 59 nakes," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana mengatakan bahwa pembangunan gedung pelayanan rawat inap di Puskesmas Waylaga dan Kampung Sawah menghabiskan dana Rp10 miliar.

"Semoga ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kemudian juga puskesmas harus terus mensosialisasikan kesadaran masyarakat guna menjaga kesehatannya," katanya.