RSUDAM Lampung siaga antisipasi penyakit infeksi emerging baru

id Penyakit Infeksi emerging ,Antisipasi penyakit penular, RSUDAM, kesehatan Lampung,RSUDAM Lampung siap siaga antisipasi,R

RSUDAM Lampung siaga antisipasi penyakit infeksi emerging baru

Ilustrasi- Gedung pelayanan IGD di RSUDAM Lampung. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bandarlampung (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi adanya potensi penyakit infeksi emerging baru di daerah itu.

"Penyakit infeksi emerging baru seperti hepatitis misterius, cacar monyet ataupun yang lainnya memang selalu kami antisipasi," ujar Direktur RSUDAM dr Lukman Pura, di Bandarlampung, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam melakukan langkah antisipasi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat guna melakukan pendekatan epidemiologi.

"Melalui pendekatan epidemiologi, kita bisa melihat apakah kasus penyakit infeksi meningkat. Sehingga sudah disiapkan semua tenaga kesehatan ataupun fasilitas kesehatannya sebelum kasusnya bertambah. Terlebih lagi sudah ada pengalaman penanganan COVID-19 hingga saat ini, jadi sudah ada intuisi atau daya untuk melakukan penanganan dengan cepat," katanya.

Dia menjelaskan, langkah antisipasi dalam penanganan potensi penyakit infeksi emerging baru telah diberitahukan pula oleh pemerintah pusat, dan nantinya akan berfokus pada pengendalian agar penularannya tidak sampai secara luas.

"Semua penyakit infeksi ini yang mengkhawatirkan adalah volume penularannya. Terkadang infeksi hanya ringan tapi yang terinfeksi banyak, ini yang perlu dikendalikan dan diantisipasi," ucap dia.

Menurut dia, cara utama dalam melakukan pencegahan bagi semua penyakit infeksi dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, peningkatan daya tahan tubuh, dan mencegah perluasan penularan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Yang ditekankan untuk mencegah beragam penyakit infeksi emerging baru atau penyakit infeksi yang ada ialah dengan mempertahankan penerapan protokol kesehatan, sebab kondisi sekarang memberi pelajaran bagi kita untuk menjaga diri dan sesama dengan tetap patuh menerapkan-nya," tambahnya.