Ketua PKK Metro ajak petani gunakan pupuk kompos

id kompos

Ketua PKK Metro ajak petani gunakan pupuk kompos

Ketua PKK Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi (depan) menunjukkan hasil panen jagung petani di Kelurahan Purwoasri, Metro Utara. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Ketua TP PKK Kota Metro, Silfia Naharani Wahdi mengajak para petani di Kota Metro untuk mulai menggunakan pupuk kompos sebagai pengganti pupuk kimia.

Silfi mengatakan, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap kesuburan tanah. Karena itu, ia mengajak petani untuk menggunakan pupuk kompos.

"Pupuk kompos itu jika diolah dengan baik bisa menjadi pupuk yang bagus untuk tanaman padi, jagung dan lainya. Dan hasil panenya pun juga bagus," kata dia usai panen jagung di areal sawah Kelurahan Purwoasri, Metro Utara, Selasa.

Ia mencontohkan, salah satu pupuk kompos yang baik yaitu pupuk kompos WJ Kusuma buatan pemuda pelopor Provinsi Lampung asal Kota Metro Elvin Effendi.

Dimana, lanjut dia, pupuk kompos tersebut dapat mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk kimia dan hasil panen tanaman yang menggunakan pupuk tersebut juga bagus.

"Ini jagung yang kita panen pupuknya dari pupuk kompos WJ Kusuma. Hasilnya panenya baik dan memuaskan," ucapnya.

Silfi berharap, kedepan pemuda maupun masyarakat Kota Metro bisa berinovasi mengolah pupuk kompos seperti yang dilakukan Elvin Effendi agar petani di Bumi Sai Wawai tidak bergantung pada pupuk kimia.

"Apa yang dilakukan Elvin ini sangat bagus. Mudah-mudahan dia bisa menmberikan ilmunya kepada pemuda lain untuk bisa membuat pupuk kompos ini," harapnya. 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2022